• - +

Kabar Perwakilan

ORI: Dibanding Pemprov, Instansi Vertikal Lebih Patuh
PERWAKILAN: SULAWESI UTARA • Jum'at, 20/04/2018 • indra_
 

SHARE

MANADO-Penilaian pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) terus berjalan. Pemprov Sulut meraih rapor merah. Hasil ini berbeda dengan penilaian ORI Perwakilan Sulut pada instansi vertikal. Diungkapkan Kepala ORI Sulut Helda Tirajoh, instansi seperti kepolisian dan lembaga pemerintahan lainnya mendapatkan rapor hijau atau angka bagus. "Kita turun ke beberapa instansi vertikal untuk mengambil sampel terkait Undang-undang 25 tentang Pelayanan Publik," bebernya.

Lanjutnya, dibandingkan dengan Pemprov Sulut, instansi vertikal lebih patuh mengenai pelayanan publik. Seperti kepolisian. Semua persyaratan tentang pelayanan publik sudah dimiliki. "Kita juga ambil sampel di Imigrasi, Balai Karantina Pertanian, Polres serta Badan Pertanahan Nasional (BPN)," bebernya.

Diakui Tirajoh, ada beberapa Polres masih kuning. Tapi ada juga sudah hijau. "Kita pun temui di BPN, mereka rata-rata hijau. Hanya ada satu atau dua di kabupaten/kota kuning. Nilai ini kita apresiasi. Saya harap pemerintah daerah mencontoh kepatuhan pelayanan publik tersebut," tuturnya.

Di sisi lain, pengamat pemerintahan Dr Maxi Egeten mengatakan, jika dicermati, keadaan pelayanan publik belum maksimal. Apalagi menurut Egeten soal pengurusan perizinan ataupun rumah sakit di 15 kabupaten/kota. Masih banyak berbelit dan tidak sesuai UU 25.

"Jadi perlu langkah strategis mengubah internal pelayanan, khususnya dalam aspek manajemen sehingga dapat membuahkan hasil pelayanan sesuai harapan masyarakat. Pada dasarnya pelayanan publik ini aspek fundamental dalam penyelenggaraan pemerintahan," ucapnya.

Egeten mengatakan, pelayanan publik dapat dijadikan tolak ukur keseriusan pemerintah menjalankan tanggung jawabnya, khususnya melayani masyarakat. Artinya, semakin baik kualitas pelayanan publik yang disuguhkan, maka semakin tinggi rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. "Jadi pemimpin di instansi tersebut harus cerdas dalam melihat celah pelayanan publik," urainya


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...