Ombusman Kalbar Gelar FGD dengan Tema Kuliah Asik Pelayanan Publik Semakin Baik

PONTIANAK - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat bersama Kelompok Masyarakat Peduli Maladministrasi Di Perwakilan (KMPMDP) memperluas jangkauan belajar tentang pencegahan maladministrasi dalam pelayanan publik. Setelah sebelumnya sukses menggelar kegiatan Educational Visit pada bulan April hingga Mei 2025 dengantagline "Kuliah Asik, Pelayanan Publik Semakin Baik" ke berbagai instansi penyelenggara pelayanan publik. Kini, KMPMDP dan Ombudsman Kalbar melanjutkan agenda edukatifnya dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) secara daring dan luring serta direncanakan akan bersinergi bersama Pengadilan Agama Pontianak Kelas 1A dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat, Tariyah, menjelaskan pada bulan April-Mei tahun 2025 KMPMDP Ombudsman Kalbar telah bersinergi dengan 4 instansi penyelenggara pelayanan publik, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Komnas HAM Provinsi Kalbar, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, dan Kantor Pertanahan Kota Pontianak. Melalui kunjungan langsung dan diskusi interaktif, mahasiswa diajak memahami lebih dekat proses kerja, tantangan, serta inovasi dalam memberikan layanan publik yang berintegritas dan bebas dari maladministrasi.
Tariyah mengatakan bahwa keberlanjutan kegiatan KMPMDP yang melibatkan mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Tanjungpura ini diharapkan dapat mendorong pengawasan eksternal oleh masyarakat, sekaligus membuka wawasan mereka terhadap pentingnya kepedulian terhadap pelayanan publik.
"Tujuan memperluas jangkauan instansi untuk para anggota KMPMDP belajar adalah agar mereka mahasiswa semakin melek terhadap isu maladministrasi dalam pelayanan publik, mengenal instansi penyelenggara pelayanan publik, dan memahami lebih dalam mengenai peran, fungsi, tugas dan wewenang Ombudsman RI," ujar Tariyah.
Selain itu, kegiatan KMPMDP berdiskusi bersama Perwakilan Ombudsman Kalbar pun tetap dilaksanakan yaitu dengan menggelar FGD tentang Best Practice Penanganan Laporan di Ombudsman Kalimantan Barat. Anggota KMPMDP diundang ke Kantor Ombudsman Kalbar dan mengenal tata cara pemeriksaan dan penyelesaian atas Laporan yang ditangani di kantor Ombudsman Kalbar.
Tariyah berharap dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan KMPMDP Kalbar akan terbentuk mahasiswa peduli pelayanan publik sesuai dengan tema kegiatan yaitu "Kuliah Asik, Pelayanan Publik Semakin Baik". (HN/ORI Kalbar)








