Ombudsman Sulsel Koordinasi dengan Wali Kota Makassar Bahas Peningkatan Pelayanan Publik

Makassar - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Selatan Ismu Iskandar, bersama tim melakukan kunjungan koordinasi ke Walikota Makassar Munafri Arifuddin, guna membahas peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Makassar pada Senin (21/4/2025).
Dalam pertemuan tersebut, Ismu Iskandar menyampaikan bahwa Kota Makassar saat ini telah berada pada kategori Zona Hijau dalam penilaian pelayanan publik. Meski demikian, ia menegaskan masih terdapat sejumlah hal yang perlu dibenahi untuk meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh.
"Salah satu isu yang menjadi perhatian adalah sektor pendidikan, khususnya terkait ribuan siswa yang belum terdaftar di sistem Dapodik. Selain itu, permasalahan pengelolaan parkir di Pasar Terong juga menjadi sorotan karena masih dinilai semrawut," ujar Ismu.
Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin menegaskan komitmen Pemerintah Kota untuk terus meningkatkan pelayanan publik di berbagai sektor.
"Kami berfokus pada upaya mempertahankan dan bahkan melampaui capaian zona hijau dalam penilaian pelayanan publik secara nasional," ungkap Munafri Arifuddin.
Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan pembenahan dan memastikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Makassar memenuhi standar pelayanan nasional.
"Melalui kerja lintas lembaga, kami berupaya membangun budaya pelayanan publik yang inklusif, partisipatif, transparan, responsif, dan berkeadilan bagi seluruh warga Kota Makassar," tambah Munafri Arifuddin.
Pertemuan ini diharapkan memperkuat sinergi antara Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan merata.