Ombudsman Sulsel Hadiri FGD Peningkatan Pelayanan Publik Bersama Kapolda Sulsel dan Jajaran

Makassar - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Selatan Ismu Iskandar, menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Pelayanan Publik Polda Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Polda Sulawesi Selatan, Rabu (4/6/2025) di Aula Mappaoddang Mapolda Sulawesi Selatan.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda Sulawesi Selatan Rusdi Hartono, dan dihadiri oleh jajaran pejabat utama Polda Sulawesi Selatan, termasuk Irwasda Polda Sulawesi Selatan A. Afriandi. FGD ini juga menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai institusi, diantaranya Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Rahman Pina, Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan Djufri Rachman, dan Akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Sakka Pati.
Lebih dari 1.000 personel kepolisian dari seluruh satuan kerja Polda Sulawesi Selatan turut serta dalam diskusi ini, baik secara luring di lokasi kegiatan maupun daring dari masing-masing satuan wilayah.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan Ismu Iskandar, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Polda Sulawesi Selatan dalam menyelenggarakan forum ini. Ia menekankan pentingnya semangat pelayanan publik yang profesional, disiplin, dan humanis.
"Aspirasi masyarakat pada dasarnya bersifat fundamental, yakni menginginkan pelayanan yang mudah diakses, cepat, bersih, dan ramah. Masyarakat juga menuntut keterbukaan informasi, transparansi prosedur, serta responsif terhadap laporan secara humanis dan profesional," ujar Ismu dalam paparannya.
Ia menambahkan bahwa melalui FGD ini, diharapkan Polri dapat terus memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian.
Dalam sambutannya, Kapolda Sulawesi Selatan menekankan bahwa FGD ini bukan sekadar seremonial, melainkan upaya konkret untuk membangun kesadaran seluruh anggota Polri di lingkungan Polda Sulawesi Selatan agar senantiasa menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat.
Kegiatan FGD ini menjadi salah satu langkah strategis dalam mendukung reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Polda Sulsel (*)