• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Soroti Sekolah di Perbatasan
PERWAKILAN: JAMBI • Senin, 13/07/2020 •
 
IST

SHARE

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SENGETI - Kepala Ombudsman perwakilan daerah Jambi pantau sejumlah OPD di Kabupaten Muarojambi, terkait untuk peningkatkan pelayanan publik. Salah satu yang menjadi perhatian khusus Ombudsman kali ini adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).    

"Khusus dinas pendidikan, kita mau lihat tentang persiapan PPDB, memastikan PPDB itu berjalan lancar. Apalagi Muarojambi memiliki perbatasan kabupaten dengan Kota Jambi. Jangan sampai calon siswa asal Muarojambi sekolah di kota semua, sehingga SMP di batas itu tidak mendapatkan siswa," tegas Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi, Ja'far Ahmad.

Dia menjelaskan, tahun 2018, ombudsman memberikan penilaian terhadap pelayanan publik di Muarojambi, dengan nilai hijau, yang berarti sudah memenuhi standar. Kemarin (9/7), Ombudsman kembali melakukan kunjungan ke beberapa instansi. Diantaranya Dinas Pendidikan, BPBD, Diskoperindag, Dukcapil, dan BPTSP.

"SKPD tersebut diawasi karena berkaitan langsung dengan masyarakat, terkait layanan publik yang diberikan. Karena memang fokus kita pada pelayanan publik," tegasnya.

Dikatakannya, standar pelayanan harus dipenuhi, selain itu publik atau masyarakat yang ingin menyampaikan sesuatu harus ada corongnya, yang disebut dengan pengelola pengaduan. 

"Kita ingin memastikan paling tidak harus memiliki corong pengaduan publik. Kemudian pelayanan informasi publik juga dipenuhi, misalnya ada prosedur, ada persyaratan, waktu dan tarif. Kita ingin memastikan itu harus terlaksana dengan baik," terangnya. 

Menurut Ja'far Ahmad, pantauan ke beberapa SKPD di Muarojambi intinya melanjutkan program MoU yang sudah dilaksanakan sejak Februari lalu. "Jadi, intinya kita melihat bagaimana progres pasca MoU. Alhamdulillah dapat direspon dengan baik dari masing-masing OPD," tandasnya.(jun/ira)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...