Ombudsman Riau Terima Kunjungan Kemenpolhukam

PEKANBARU - Ombudsman RI Perwakilan Riau menerima kunjungan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) pada Selasa (22/2/2022) di Kantor Ombudsman. Kepala Perwakilan Ombudsman Riau Ahmad Fitri menerima langsung rombongan yang dipimpin oleh Asisten Deputi Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik Kemenko Polhukam RI, Agung Pratistho.
Dalam sambutannya, Ahmad Fitri menjelaskan tentang profil Ombudsman Riau, tugas pokok fungsi Ombudsman serta perkembangan penyelesaian laporan di Ombudsman Riau. "Setiap tahunnya, Ombudsman Riau memiliki target penyelesaian laporan. Di tahun 2021 sendiri, dari 132 Laporan yang masuk ke tahap pemeriksaan telah diselesaikan 77% nya," ucap Ahmad.
Ahmad Fitri juga menjelaskan bagaimana perkembangan penilaian Kepatuhan Pemerintah terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 hingga di penilaian tahun 2021 yang lalu. Di tahun 2021, terdapat 6 Pemerintah Kabupaten yang telah masuk zona hijau bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau.
Sementara itu, Agung Pratistho mengucapkan terima kasih atas sambutan Ombudsman Riau dalam kunjungan kerja yang dimaksudkan untuk melakukan pemantauan, inventarisasi data dan permasalahan pelayanan publik yang terdampak Covid-19 di daerah. Kunjungan kerja kali ini disampaikan oleh Agung juga didasari atas penilaian kepatuhan yang telah menempatkan Provinsi Riau sebagai Peraih Predikat Kepatuhan Tinggi se-Indonesia.
"Semua informasi dan data yang telah disampaikan oleh Pak Ahmad dan jajaran sebagaimana yang kami butuhkan tentunya sangat berharga bagi kami dan akan kami jadikan bahan untuk kebijakan selanjutnya," kata Agung.
Diskusi terkait pelayanan publik di Provinsi Riau antara Ombudsman Riau dan Kemenko Polhukam RI ini nantinya juga akan menjadi bahan oleh Kemenkopolhukam dalam agenda kunjungan ke beberapa instansi esok harinya.
Turut hadir dalam pertemuan ini Kepala dan Anggota Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan, Kepala Keasistenan Pemeriksa Laporan, dan Staf Sekretariat Ombudsman RI serta Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Barang dan Jasa Kemenko Polhukam RI.
Penulis : Deny Rendra (Kepala Keasistenan PVL Ombudsman Riau)








