• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman RI Tegaskan Pemerintah Bertanggungjawab Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat
PERWAKILAN: PAPUA • Rabu, 25/10/2023 •
 
Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng saat memberikan materi (Foto by Faisal)

JAYAPURA - Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng menjadi narasumber dalam Kuliah Umum bertema Peran Ombudsman RI dalam Pengawasan dan Peningkatan Pelayanan Publik kepada civitas akademika Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Rabu (25/10/2023). Kuliah umum ini dilaksanakan guna menyosialisasikan peran Ombudsman RI dalam mengawasi pelayanan publik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik.

Robert dalam paparannya menjelaskan bahwa pelayanan adalah hak dari masyarakat dan tanggung jawab pemerintah adalah memenuhinya. "Pelayanan publik adalah kebutuhan kita sehari-hari dari berbagai aspek seperti pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, pelayanan pendidikan, pelayanan pekerjaan, dan pelayanan pengurusan usaha. Sehingga pelayanan adalah hak dari masyarakat dan tanggung jawab pemerintah adalah memenuhinya, lalu Ombudsman RI dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan kewajiban pemerintah dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Robert.

Wakil Rektor I USTJ, Suyatno menjelaskan bahwa sebagai warga negara, pihaknya membutuhkan pelayanan yang baik. Di sisi lain sebagai civitas kampus kami pun memberikan pelayanan kepada mahasiswa. "Setiap lapisan masyarakat dan tak lain juga civitas akademika USTJ juga pasti sering mengakses pelayanan publik, kami pun memberikan pelayanan kepada mahasiswa agar haknya dalam memperoleh pengetahuan terjamin. Sehingga dengan adanya kuliah umum ini ada transfer knowledge yang terkoneksi antara materi yang diberikan dengan realitas kehidupan di masyarakat khususnya terkait pelayanan publik," tutur Suyatno.

Menutup kegiatan, Robert menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir.

"Kami mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan civitas akademika USTJ dalam kegiatan kuliah umum ini. "Saya berharap civitas akademika USTJ dapat ikut serta dalam pengawasan jalannya pelayanan publik agar kolaborasi antara seluruh lapisan masyarakat dengan ikut serta mengawasi pelayanan publik dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih baik," tutup Robert.  





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...