• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Buka Pengaduan PPDB Lewat Telepon dan WA 0811-665-6137
PERWAKILAN: RIAU • Selasa, 25/06/2019 •
 

SHARE

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menerima pengaduan maladministrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2019.

Koordinator Pengawasan PPDB Online 2019Ombudsman RI Perwakilan Sumbar,Rahmadian Novertmengemukakan bahwa dugaan maladministrasi yang ditemukan kali ini seperti penyimpangan prosedur.

Maladministrasi yang terjadi seperti penyimpangan prosedur. Kalau beli kursi kita belum mendapatkan informasi, cuma kita menemukan beberapa sudah mulai melakukan pengumutan uang baju," kata Rahmadian Novert kepada TribunPadang, Senin (24/6/2019) siang.

Sejauh ini lanjutnya hal ini belumlah bisa dikatakan pungli, karena masih dalam proses pemeriksaan

Rahmadian Novert mengimbau pada pihak sekolah untuk tidak melakukan pungutan uang terlebih dahulu. Karena proses penerimaan siswa masih berlangsung.

"Kita imbau pada sekolah-sekolah untuk tidak dulu melakukan pemungutan uang, setelah ada penerimaan baru nanti ada semacam pembelian baju mungkin," lanjutRahmadian Novert.

Rahmadian Novert kembali mengimbau pada masyarakat bila menemukan tindakan yang menyimpang agar segera melaporkan pada Ombudsman.

"Imbauan pada seluruh masyarakat agar bila menemukan tindakan yang menyimpang dari peraturan yang ada agar mengadukan ke sini," ujarRahmadian Novert.

Kepada pihak sekolah hendaknya kata Ferdian Novert agar lebih transparan dalam penerimaan siswa baru.

"Seperti umumkan daya tampung, berapa siswa yang mendaftar, dan berapa siswa yang diterima," ujar Rahmadian Novert.

Lanjutnya, saat kelulusan juga dapat diberitahukan kepada siswa, termasuk bagi yang tidak diterima dapat alasannya.

Mengingat nantinya pengumuman tidak hanya nama, agar orang tua tahu data lengkap siswa.

Jangan dulu pemungutan uang baju, pembelian baju oleh sekolah harus melalui koperasi kalau tidak itu ilegal," kataRahmadian Novert.

Pihaknya menambahkan bahwa untuk informasi pengaduan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) tidak dipungut biaya.

"Informasi pengaduan bisa melalui 0811-665-6137 bisa langsung ditelepon ataupun di Whatsapps/WA," ujar Rahmadian Novert.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...