• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman RI Jawa Barat Sambangi RSUD dr Slamet Garut
PERWAKILAN: JAWA BARAT • Rabu, 21/02/2018 •
 
Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat melakukan Inspeksi ke ruangan Rumah Sakit Umum Daerah Garut

SHARE

OMBUDSMAN Perwakilan Jawa Barat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut, Selasa (20/2/2018). Kedatangan mereka untuk berkoordinasi dan memastikan rumah sakit milik pemerintah tersebut dapat memperbaiki terkait kelemahan-kelemahan menjelang tibanya tim penilaian.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Haneda Sri Lastoto, mengatakan pihaknya dari Ombudsman sebetulnya hanya mendorong dan memastikan supaya rumah sakit dr Slamet ini dapat menindaklanjuti poin-poin yang harus dilakukan untuk perbaikan tersebut. Menurutnya, untuk penilaian nanti pihaknya akan menerjunkan tim penilai secara tertutup.

"Setelah ada koordinasi seperti ini nanti akan ada tim penilai secara tertutup, dan ada tim lain yang bukan kami. Misalnya untuk nanti melakukan pengawasan eksternal, dan tim tersebut tentunya juga tidak akan dikenal namun tim tersebut dilengkapi juga dengan alat-alat untuk bisa mengambil gambar," ujarnya di RSUD dr Slamet Garut, Jalan Rumah Sakit, Kabupaten Garut, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr. Slamet Garut, Maskut Faridz, menyebutkan, ada empat momen yang perlu diinformasikan, pertama begitu pasien masuk harus dikasih tahu, dari mulai tempat tidur, kamar mandi, jenis penyakitnya apa hingga tindakan, dan dokter serta perawatnya semua harus lengkap.

"Begitu juga tindakan, seperti disuntik, pemberian obat, serta resikonya juga harus dikasih tahu sama pasein yang bersangkutan. Ya terbuka lah," ucapnya.

Diakui Maskut, meski selama ini tindakan itu sudah berjalan, namun belum maksimal. Oleh karena itu, hal tersebut harus lebih diperbaiki lagi dan ditingkatkan.

"Memang hal itu sudah berjalan tetapi belum maksimal. Makanya kami harus terus memperbaiki lagi, dari mulai komunikasi karyawan dengan pasien seperti keramahan, senyuman, pelayanan yang baik lah, juga kebersihan rumah sakitnya, dan penyuluhan pendidikan pasien dan keluarga. Nah hal itu tentunya harus ada. Jadi ketika ada pihak keluarga yang dirawat, bisa dikasih tahu," katanya.

Seusai melakukan koordinasi dengan jajaran pihak rumah sakit, rombongan ombudsman tersebut langsung melakukan peninjauan ke sejumlah ruangan di RSUD dr. Slamet Garut.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...