• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Papua Lakukan Kunjungan ke Pemerintah Provinsi Papua Tengah
PERWAKILAN: PAPUA • Kamis, 15/06/2023 •
 
Foto Bersama Ombudsman Papua dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

NABIRE - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua, Yohanes B.J. Rusmanta melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Papua Tengah yang merupakan salah satu Daerah Otonom Baru (DOB) di wilayah Papua dalam rangka koordinasi dan membahas agenda kerja Ombudsman di wilayah tersebut pada Rabu (14/6/2023).

Rusmanta mengatakan bahwa meskipun telah dibentuknya DOB, wilayah kerja Ombudsman Perwakilan Papua hingga saat masih mencakup Provinsi Papua Tengah.

"Berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman Nomor 49/ORISK/X/TAHUN 2010, Ombudsman mendirikan Kantor Perwakilan di Provinsi Papua yang mana wilayah kerjanya mancakup 1 Provinsi, 1 Kota dan 28 Kabupaten di Papua, sehingga dalam kesempatan ini kami menyampaikan bahwa selama belum dibentuknya Kantor Perwakilan baru di sini maka DOB Provinsi Papua Tengah masih dalam wilayah kerja Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua. Harapannya, kerja-kerja kami akan terbantu jika dalam waktu ke depan akan melakukan agenda penyelesaian laporan atau pencegahan maladministrasi di wilayah Papua Tengah," ungkapnya.

Selanjutnya, Rusmanta mengatakan bahwa pertemuan ini juga sekaligus membahas terkait lahan yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan Kantor Perwakilan Ombudsman di Provinsi Papua Tengah.  

"Bahwa dengan adanya DOB ini kami sangat terbuka untuk berkoodinasi dengan Pemda Provinsi Papua Tengah terkait penyediaan lahan yang diperuntukkan Kantor Pemerintahan dan juga Lembaga Vertikal dalam pembangunan Kantor Perwakilan di wilayah Provinsi Papua Tengah," paparnya.

Asisten II Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Anwar Damanik mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ombudsman. "Kami pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan dan tim yang telah berkenan datang ke kantor sementara Pemerintah Provinsi Papua Tengah. Dalam hal pelaksanaan kerja-kerja Ombudsman ke depan prinsipnya kami siap bersinergi dan memohon masukan Ombudsman guna perbaikan hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

"Bahwa kami saat ini sedang menyiapkan beberapa hal seperti pengelolaan kepegawaian, Peraturan Gubernur terkait kerja-kerja kami, penyerapan anggaran dan penyediaan lahan untuk membangun kantor Pemerintahan," tambah Anwar. 

Ia melanjutkan bahwa pada prinsipnya, pihaknya siap menyediakan lahan untuk Lembaga Vertikal, sehingga siap juga untuk menyediakan lahan yang akan dibangun Kantor Perwakilan Ombudsman di Provinsi Papua Tengah yang berdampingan dengan kantor Gubernur dan Kantor Lembaga Vertikal lainnya," ungkap Anwar.

Rusmanta menyampaikan, tantangan yang dihadapi DOB Provinsi Papua Tengah sangat problematik, dimana tantangan tersebut secara tersurat maupun tersirat akan menjadi tantangan juga bagi Ombudsman RI. Namun hal tersebut harus tetap dilalui oleh para Pejabat Pimpinan Daerah serta Pimpinan OPD dengan mengedepankan kepentingan masyarakat.

"Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih karena telah menerima kami dan semoga hubungan antara Ombudsman dan DOB Provinsi Papua Tengah selalu terjalin dengan baik" tutup Rusmanta.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...