• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Papua Gelar Ombudsman On The Spot di Kabupaten Jayapura
PERWAKILAN: PAPUA • Rabu, 18/06/2025 •
 
Kepala Keasistenan PVL saat diwawancarai oleh jurnalis (fotobyfaisal)

JAYAPURA - Dalam rangka memastikan keluhan masyarakat terkait permasalahan pelayanan publik tersampaikan, Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua melaksanakan kegiatan Ombudsman On The Spot (OTS) bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura pada Selasa-Rabu (17-18/6/2025).

Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua, Ismail Saleh Marsuki menyampaikan bahwa kegiatan Ombudsman OTS ini bertujuan untuk sosialisasi serta menghimpun keluhan masyarakat terkait pelayanan publik di Kabupaten Jayapura. Dalam kegiatan ini Ombudsman Papua berhasil menghimpun 38 konsultasi dan 6 pengaduan masyarakat.

"Mereka datang mengadukan terkait penyelenggaraan pelayanan pendidikan karena sedang berlangsung proses SPMB dan PPDBM, selain itu juga masih adanya sekolah yang menahan ijazah sehingga sulit mengakses pendidikan ke jenjang lebih tinggi serta pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Jayapura yang belum memiliki alur pelayanan yang jelas," ungkap ismail.

Dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat tersebut, Tim Ombudsman Papua melakukan koordinasi dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi seperti sengketa hak ulayat lahan di satuan pendidikan, adanya kewajiban membeli buku paket, sulitnya akses SPMB dan penahanan ijazah "Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura berkomitmen mengkoordinasikan permasalahan yang terjadi kepada kepala sekolah satuan pendidikan dan semoga segera mendapatkan penyelesaian. Ombudsman selanjutnya akan melakukan monitoring penyelesaian permasalahan," tambah Ismail.

Terkait keluhan pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Ombudsman Papua akan melakukan koordinasi dengan Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Jayapura untuk menyampaikan berbagai keluhan. "Disdukcapil Kabupaten Jayapura berkomitmen memperbaiki pelayanan agar masyarakat lebih nyaman mengakses pelayanan, Ombudsman berharap perbaikan-perbaikan yang selanjutnya dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik," tutup Ismail.

Dalam penyelenggaraan Ombudsman OTS ini harapannya masyarakat dapat mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman RI serta dapat menyampaikan keluhan terkait penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Jayapura, serta melibatkan masyarakat menjadi pengawas pelayanan publik yang efektif demi penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...