Ombudsman on The Spot di RSUD Haulussy, Terima 25 Laporan Masyarakat
Ambon - Kegiatan Ombudsman On the Spot yang digelar oleh Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku sejak Senin hingga Rabu (20-22/01/2025) di RSUD Haulussy menuai respon positif dari masyarakat.
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Perwakilan Ombudsman RI Maluku Jacoba Noya, mengungkapkan bahwa bentuk respon positif masyarakat berupa partisipasi masyarakat dalam ikut berkonsultasi dan melaporkan maladministrasi yang dialami, melalui gerai yang tersedia di RSUD Haulussy.
"Kami mendapatkan total 25 laporan dan 32 konsultasi selama tiga hari menggelar kegiatan tersebut di RSUD," ungkapnya.
Jacoba melanjutkan bahwa laporan maupun konsultasi yang disampaikan memiliki berbagai substansi yakni pada sektor pendidikan, sosial, kesehatan, pekerjaan umum, kepegawaian, layanan BPJS dan perbankan.
Direktur RSUD Haulussy Ambon Novita E. Nikijuluw, menyambut baik kehadiran Ombudsman Maluku yang mendekatkan diri dengan masyarakat pengguna layanan rumah sakit.
"Kegiatan ini sangat positif untuk menjembatani masyarakat dengan pelayanan publik yang lebih baik," tutur Novita E. Nikijuluw.
Selain itu, masyarakat yang dirahasiakan identitasnya juga mengapresiasi kegiatan Ombudsman On the Spot dan berharap melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa ketika mengalami maladministrasi harus melapor ke Perwakilan Ombudsman RI Maluku.
"Kami sebagai masyarakat merasakan dampak dari kegiatan ini dan berharap bahwa dilain waktu kegiatan dapat dilaksanakan pada tingkat desa sekaligus sosialisasi tentang Perwakilan Ombudsman RI Maluku," tandasnya.
Sebagai penutup, Jacoba menjelaskan bahwa setelah ini akan segera diadakan verifikasi lanjutan setelah penerimaan laporan sebelum dilanjutkan ke tingkat pemeriksaan.
"Setelah ini tentunya kita akan segera tindaklanjuti agar laporan cepat tertangani, tentunya menyesuaikan kewenangan lembaga," tutupnya








