• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Malut Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah
PERWAKILAN: MALUKU UTARA • Selasa, 14/12/2021 •
 
Kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah di Maluku Utara dihadiri langsung oleh Menteri ATR, Sofyan Djalil. (Foto : Dok. Ombudsman)

TERNATE - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Sofyan Ali, turut menghadiri kegiatan penyerahan sertifikat gratis untuk Rakyat secara virtual yang dilaksanakan di Sahid Bela Hotel Ternate pada Senin (13/12/2021).

Sofyan Ali berharap agar program tersebut dapat terus dilakukan oleh Kementerian ATR karena masih banyak tanah-tanah yang belum disertifikasi terutama yang dimiliki oleh masyarakat di desa-desa. "Banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat penerima sertifikat tanah," ujarnya.

Lebih lanjut Sofyan Ali mengatakan, "Akan tetapi ada masalah lain yang muncul, karena secara regulasi, tanah masyarakat di desa-desa ini ternyata masuk dalam kawasan hutan. Sementara secara tradisional tanah itu sudah dikelola oleh mereka secara turun menurun."

"Solusi yang dapat dilakukan adalah Kementerian ATR/BPN harus melakukan koordinasi dengan Kementerian Kehutanan agar masalah tersebut bisa terselesaikan," jelas Sofyan.

Kegiatan penyerahan sertifikat ini melibatkan tiga provinsi sekaligus diantaranya Provinsi Bengkulu, Provinsi Maluku, dan Provinsi Maluku Utara, serta masyarakat sebanyak hampir 50 orang perwakilan penerima sertifikat di Maluku Utara yang dipimpin langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil. Sertifikat tanah yang telah diberikan kepada rakyat ini merupakan bentuk pelayanan Negara terhadap kebutuhan administrasi masyarakat terkait pertanahan. Sertifikat ini menjadi dasar hukum atas hak kepemilikan tanah, maka masyarakat bisa memanfaatkannya untuk kepentingan usaha yang lebih produktif dan penyerahan sertifikat tersebut akan memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat.

Ditulis oleh Esa Lestari (Mahasiswa Prodi S-1 Sastra Inggris Unkhair) dibawah bimbingan Andrian Suwardana (ASN ORI Malut)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...