• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Maluku Dorong Kota Tual Berikan Pelatihan Kompetensi
PERWAKILAN: MALUKU • Selasa, 26/03/2024 •
 
Ombudsman RI Maluku foto bersama dengan Pemerintah Kota Tual

Ambon - Mengutip hasil Penilaian Kepatuhan Tahun 2023 Kota Tual yang memperoleh poin 67,26 dan berada pada Zona Kuning, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Maluku Hasan Slamat, berikan tanggapan.

Hasan ungkap bahwa nilai rendah Kota Tual berasal dari dimensi Input dan Pengaduan, yakni mengenai kompetensi penyelenggara pelayanan publik serta ketersediaan SP4N-Lapor.

"Berkaitan dengan dimensi pengaduan tersebut beberapa OPD punya SP4N-Lapor namun belum berfungsi secara baik," ungkapnya pada Senin (26/03/2024).

 Ia menyampaikan bahwa dari sisi sumber daya manusia sudah mencukupi namun secara pengetahuan belum terlalu mumpuni. Olehnya, Hasan menghimbau agar Pemda Kota Tual aktif memberikan kesempatan pegawainya untuk mendapatkan pelatihan.

"Harus diadakan pelatihan kompetensi khususnya bagi yang menangani SP4N-Lapor karena dari kebanyakan kasus SDM untuk menangani bagian teknologi dan informatika ini sudah ada namun tetap saja mereka tidak paham cara kerja SP4N-Lapor," himbaunya.

Walau telah naik dari Zona Merah ke Zona Kuning, Hasan tetap berharap Pemerintah Kota Tual terus memperbaiki dan mengawasi dengan intens terkait sistem pelayanan hingga ke pelosok desa sehingga kemungkinan maladministrasi akan jarang ditemukan.

Mengutip dari kegiatan penyerahan hasil Kepatuhan Kota Tual pada Kamis (22/02/2024) di kantor Kantor Perwakilan Ombudsman Provinsi Maluku, Pj. Walikota Akhmad Yani Renuat, ungkap pimpinan daerah akan terus berbenah dengan komitmen dan kerja keras agar peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dicapai.

Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat, memberikan hasil Survei Kepatuhan dalam Pelayanan Publik kepada Kota Tual melalui hasil survei yang diperoleh pada periode Juni 2023 mendapatkan nilai 67,26 berada pada Zona Kuning.

"Kami mengapresiasi kerja keras Perwakilan Ombudsman Maluku dalam melakukan pendampingan sehingga Kota Tual dari merah menjadi Zona Kuning,  Kedepannya akan kami jadikan atensi supaya segala unsur penyelenggara pelayanan publik memperbaiki layanan," ucapnya.

Berikut merupakan hasil penilaian Kota Tual dalam Penilaian Kepatuhan Tahun 2023

1.       Dinas Sosial dengan nilai 51,27

2.       Puskesmas UN dengan nilai 62,62

3.       Dinas Pendidikan dengan nilai 63,62

4.       Puskesmas Taar dengan nilai 71,79

5.       Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan nilai 72,25

6.       Dinas Kesehatan dengan nilai 74,10

7.       Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 75,05

Nilai akhir 67,26 dan berada di Zona Sedang (C)

 





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...