• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Maluku Catat Lonjakan Laporan Masyarakat pada Triwulan I 2025
PERWAKILAN: MALUKU • Selasa, 29/04/2025 •
 
ORI ®

AMBON - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku mencatat adanya lonjakan signifikan dalam jumlah laporan masyarakat yang diterima selama Triwulan I (Januari-Maret) 2025. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 243 akses masyarakat yang tercatat dalam periode tersebut. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku, Hasan Slamat, mengungkapkan hal ini pada Selasa (29/04/2025).

Hasan menjelaskan bahwa akses masyarakat pada bulan Januari sebanyak 51 laporan, bulan Februari sebanyak 9 laporan dan bulan Maret sebanyak 183 laporan sehingga total jumlah akses masyarakat pada Triwulan I di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku sebanyak 243 laporan.

"Jumlah akses masyarakat pada triwulan ini tentu melonjak dari tahun-tahun sebelumnya," jelas Hasan.

Hasan menungkapkan, bahwa melonjaknya laporan masyarakat sebagian besar disebabkan oleh kegiatan Teras Pelayanan Publik yang digelar bulan Februari lalu di pelataran halaman Kantor Negeri Hitumessing dan menghadirkan kurang lebih 500 warga dari berbagai desa, seperti Hitumessing, Hitu Lama, Mamala, dan Morella. Sebagian laporan masyarakat ditanggapi secara langsung dengan berbagai cara, seperti klarifikasi langsung, pemeriksaan lapangan, atau mediasi/konsiliasi dengan instansi terkait.

Hasan menambahkan, bahwa Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku akan melakukan sosialisasi lebih intens kepada masyarakat dengan terus melakukan kegiatan Ombudsman On The Spot sebagai sarana untuk menjangkau masyarakat dalam menyampaikan pengaduan secara maksimal.

"Kami terus berkomitmen untuk lebih intens kepada masyarakat dengan terus melakukan kegiatan Ombudsman On The Spot pada area terdekat sebagai sarana untuk menjangkau masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan juga sosialisasi kelembagaan," tutupnya. (VR/ORI-Maluku)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...