Ombudsman Kepri dan Komisi I DPRD Bahas Pelayanan Publik

BATAM - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Kepri di Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri pada Selasa (4/11/2025). Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Lagat Siadari, didampingi oleh Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan dan Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan.
Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Suigwan menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat fungsi pengawasan DPRD Provinsi Kepri terhadap pelayanan publik.
"Kami ingin melihat gambaran pelayanan publik dari sudut pandang Ombudsman RI sebagai lembaga pengawasan pelayanan publik," jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Lagat Siadari menjelaskan terkait tugas dan wewenang Ombudsman RI sekaligus kekuatan Ombudsman RI sebagai Magistrature of Influence serta Superioritas Ombudsman RI dalam melakukan tugas sebagai pengawas pelayanan publik.
Selain itu, Lagat juga membeberkan hasil pengawasan SPMB tahun 2025 yang masih banyak ditemukan permasalahan sejak masa pra SPMB hingga pasca SPMB.
Penyampaian materi dilanjutkan oleh Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan, Martina Emi Farida yang membahas seputar pelayanan publik bidang pendidikan, kesehatan dan juga pertanahan dari sudut padang Keasistenan Pemeriksaan Laporan.
Pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diantaranya membahas terkait persoalan pengelolaan sampah di Kota Batam yang dinilai masih kurang baik, penggunaan fasum dan fasos yang kurang bijak oleh Pemerintah Kota Batam serta banjir di Batam akibat drainase yang kecil serta tata ruang yang kurang baik.
Selanjutnya diskusi terkait lamanya pengurusan izin usaha dan AMDAL dan juga terkait Proyek Strategi Nasional (PSN) Bandar Udara di Kabupaten Karimun di atas lahan warga.
Pada pertemuan itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri berharap dapat bersinergi dengan Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri dalam melakukan pengawasan pelayanan publik.
"Sesuai dengan tujuan kedatangan kami yang berfokus pada optimalisasi koordinasi lintas lembaga untuk memperkuat fungsi pengawasan. Selain itu, Ombudsman memiliki data, kami butuh data tersebut untuk menjadi landasan dalam membuat kebijakan dan juga penganggaran," ujar Suigwan.
Niat baik tersebut, disambut baik oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri.
"Ombudsman siap bersinergi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi Kepri," tutup Lagat.








