• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kalsel Sampaikan Sejumlah Keluhan Publik ke Dinas Adminduk Kalsel
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Rabu, 09/03/2022 •
 
kepala perwakilan Ombudsman kalsel Hadi Rahman dan Kepala Disdukcapil KB Zulkifli saat berdiskusi Rabu 9/3/2022 fhoto by Cikra

Banjarbaru - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan, Hadi Rahman melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil) KB Kalimantan Selatan dalam rangka berkomunikasi dengan adminduk Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengetahui keluhan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI Kalimantan Selatan. pada Rabu (09/3/2022).

Menurut Hadi, layanan adminduk yang sering dilaporkan adalah Dinas Adminduk Kabupaten dan Kota, namun sebagai Pembina langsung juga penting koordinasi dengan Adminduk Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadi menuturkan, masalah keluhan yang masih dirasakan masih seputar perilaku dugaan maladministrasi, mulai dari permintaan ke pengurusan KTP di beberapa desa, lambannya pelayanan,  kurangnya pelayanan publik dan sikap layanan yang kurang patut oleh petugas.

Bahkan Hadi mengungkapkan, Ombudsman RI Kalimantan Selatan menemukan sejumlah oknum aparat desa yang memungut biaya pada proses pengurusan KTP warganya. Hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pelayanan dan menjaga kualitas pelayanan administrasi kependudukan masyarakat.

"Masih banyak keluhan dan laporan masyarakat ke Ombudsman mengenai layanan adminduk, dan ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah," pungkas Hadi.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Dukcapil-KB) Kalimantan Selatan, Zulkifli mengatakan bahwa keluhan publik mengenai layanan KTP seharunsya sudah bisa diselesaikan oleh masing-masing pemerintah daerah. Pasalnya, layanan adminduk adalah kewajiban negara kepada rakyat. Untuk itu, sudah seharusnya Dinas Adminduk di Kabupaten dan Kota memaksimalkan pelayanan prima, bukan sebaliknya melakukan dugaan maladministrasi.

Zulkifli berharap Ombudsman RI Kalimantan Selatan dan Dinas Dukcapil-KB Kalimantan Selatan dapat lebih memperkuat koordinasi untuk memberikan masukan dan pembinaan sekaligus pengawasan layanan adminduk.

"Kita siap mengawal agar pelayanan adminduk di Kalsel berkualitas," tutup Zulkifli. (RF/PC)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...