• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kalsel Gagas Ombudsman CCTV di Tiga UPPD Samsat Wilayah Utara Provinsi Kalsel
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Senin, 15/07/2024 •
 

Banjarmasin - Bertujuan untuk melaksanakan pendampingan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik secara terstandar, Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan laksanakan kegiatan "Ombudsman CCTV" terhadap Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat di tiga Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan, yakni UPPD Samsat Paringin Kabupaten Balangan, UPPD Samsat Tanjung Kabupaten Tabalong, dan UPPD Samsat Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan Tim Ombudsman RI Kalimantan Selatan secara paralel pada Selasa s.d Sabtu (9 - 13/07/2024).

Kegiatan Ombudsman CCTV, dilaksanakan dengan melakukan pengawasan terhadap pemenuhan standar pelayanan publik produk administrasi layanan registrasi kendaraan bermotor pada UPPD Samsat, melalui metode obervasi. Kemudian dilaksanakan pengawasan terhadap aspek kompetensi penyelenggara, dengan sampling wawancara kepada petugas penyelenggara layanan dan petugas pengelola pengaduan masyarakat. Serta untuk mengukur perserpsi maladministrasi dari sudut pengguna layanan, Tim Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan wawancara kepada masyarakat selaku pengguna layanan pada UPPD Samsat di masing-masing Kabupaten.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut di awali dengan koordinasi dengan Kepala UPPD Samsat masing-masing daerah beserta jajaran. Dalam pengantarnya, Asisten Pemeriksaan Laporan Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan Sopian Hadi menyampaikan bahwa Ombudsman RI sebagai pengawas pelayanan publik, sekaligus menjadi mitra bagi penyelenggara layanan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. "Adapun hasil pelaksanakan berserta saran korektif perbaikan atas kegiatan Ombudsman CCTV, lebih lanjut akan kami sampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, sertastake holder terkait di lingkup Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Terima kasih dan apresiasi dari kami, atas keterbukaan dan atensi rekan-rekan UPPD Samsat terhadap penyelenggaraan kegiatan Ombudsman CCTV," kata Sopian Hadi.

Adapun kegiatan Ombudsman CCTV, adalah salah satu program inovasi yang digagas oleh Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan. Dimulai sejak tahun 2023, dimana sebelumnya kegiatan Ombudsman CCTV dilaksanakan pada beberapa Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Pada tahun ini, Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan menargetkan melaksanakan Ombudsman CCTV pada seluruh UPPD Samsat di lingkup Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Selatan.

 

 





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...