• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kalsel Bersama Disdukcapil Tapin Jangkau Silent Citizen
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Selasa, 02/09/2025 •
 
Penyerahan dokumen kependudukan yang disaksikan oleh Asisten Ombudsman, Yeni Aryani (Senin, 01 September 2025)

Rantau - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Tapin, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin menggelar layanan jemput bola administrasi kependudukan "Pelangi (Pelayanan Langsung Didatangi) desa”. Kegiatan ini digelar pada Selasa (2/9/2025) di Desa Buas-Buas Hilir, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan Yeni Aryani mengatakan bahwa kegiatan pelayanan publik dengan melakukan layanan jemput bola ini merupakan salah satu bentuk pelayanan khusus untuk menjangkau masyarakat yang berada jauh dari pusat perkotaan.

"Kami sangat mengapresiasi program ini. Kami mengharapkan Disdukcapil Kabupaten Tapin terus melakukan upaya-upaya untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Salah satunya melalui program "Pelangi" ini,” ungkap Yeni. 

Yeni menambahkan, agar sinergi dan kolaborasi Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan dengan Pemkab Tapin terus berjalan untuk memberikan pelayanan yang terbaik baik masyarakat.

Yeni melanjutkan, dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan juga membuka  layanan Ombudsman on The Spot, layanan berupa konsultasi dan pengaduan masyarakat untuk menjangkau silent citizen, yang jauh dari pusat kota.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Tapin  Ika Alamsyah, menerangkan bahwa kegiatan "Pelangi Desa", pelayanan langsung didatangi ini merupakan pelayanan yang memberi kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang berada di desa.

"Dalam kegiatan ini kami telah melakukan perekaman e-KTP, pencetakan, pelayanan penerbitan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran hingga penerbitan Kartu Identitas Anak,” tutur Ika Alamsyah.

"Kami telah menyelesaikan sebanyak 256 dokumen kependudukan. Kegiatan ini dimulai dari pagi hingga sore. Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar,” terang Ika Alamsyah.

Selain itu, bagi warga yang lanjut usia, perekaman KTP dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan yang sudah mensupport kegiatan ini. Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, tutupnya. (SH/PC25)







Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...