• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kalsel Berikan Pendampingan Pengelolaan Pengaduan di Pemerintah Kabupaten Tabalong
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Kamis, 29/02/2024 •
 
Ombudsman Kalsel Berikan Pendampingan Pengelolaan Pengaduan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong (28/02/2024)

Tabalong - Pengelola pengaduan pelayanan publik merupakan salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik, oleh karenanya Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan pendampingan pengelola pengaduan kepada petugas pengelola pengaduan di instansi lingkup Pemerintahan Kabupaten Tabalong, Rabu (28/02/2024). Terdapat sejumlah 52 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, yang berasal dari perwakilan setiap Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tabalong.

Dalam paparannya Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kalimantan Selatan Maulana Achmadi, menyampaikan beberapa hal tentang tahapan dalam melaksanakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Mulai dari pemenuhan sarana prasarana pengaduan, membuat prosedur pengelolaan pengaduan, hingga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan pengaduan yang telah dilaksanakan. "Harapannya dengan pengelolaan pengaduan yang dilaksanakan secara profesional, dapat menyelesaikan permasalahan yang dikeluhkan masyarakat dengan baik, dan memberikan kepuasan kepada masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan," ujarnya.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut juga aktif, berbagi pengalaman mereka dalam menanganai keluhan/laporan masyarakat dan berkonsultasi terkait permasalahan pengaduan yang mereka tangani dengan Ombudsman RI. Selain sesi materi, Ombudsman RI Kalimantan Selatan juga mengadakan sesi role play dalam menerima laporan masyarakat. Peserta yang hadir diminta langsung mempraktikan materi yang sudah disampaikan, dan berbagi peran menjadi masyarakat/pelapor dan petugas penerima pengaduan dengan topik permasalahan seputar pelayanan publik.

Selain memberikan pendampingan pengelolaan pengaduan, Ombudsman RI Kalimantan Selatan juga menerima berbagai konsultasi permasalahan pelayanan publik yang berasal dari peserta. Asisten Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kalimantan Selatan Rizkahana Yuliansari, menyampaikan beberapa kosultasi yang disampaikan peserta, diantaranya masuk dalam substansi pelayanan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Tabalong mengucapkan terima kasih, atas kesediaan Ombudsman RI Kalimantan Selatan untuk memberikan pendampingan bagi petugas pengelola pengaduan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Tabalong. "Semoga kerja sama dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Ombudsman Kalimantan Selatan dapat terus ditingkatkan, agar pelayanan publik semakin meningkat di Kabupaten Tabalong," ungkapnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...