Ombudsman Kalbar Ajak Mahasiswa Kenali Layanan Keimigirasian Lewat Educational Visit

PONTIANAK - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar kembali melaksanakan kegiatan Educational Visit dalam rangkaian program Kelompok Masyarakat Peduli Maladministrasi di Perwakilan (KMPMDP) pada Selasa (22/04/2025). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak Ini dan diikuti oleh 16 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura yang sedang menempuh mata kuliah Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian, yang merupakan kunjungan edukatif kedua setelah sebelumnya kegiatan serupa dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Pontianak.
Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Kalbar, Marini menjelaskan bahwa program Educational Visit ini bertujuan untuk memperkenalkan pelayanan publik kepada generasi muda khususnya mahasiswa. "Kegiatan ini adalah bagian dai upaya kami menanamkan pemahaman bahwa setiap warga negara berhak atas pelayanan publik yang baik. Mahasiswa anggota KMPMDP kami harapkan dapat menjadi perpanjangan lisan Ombudsman dalam menyebarluaskan edukasi dan kesadaran masyarakat terhadap pelayanan publik dan praktik maladministrasi" ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Pontianak, Sam Fernando, turut memberikan pemaparan terkait tugas dan fungsi keimigrasian. Ia menjelaskan berbagai aspek layanan imigrasi termasuk pengawasan terhadap WNI dan WNA, prosedur dan persyaratan pembuatan paspor, serta bagaimana keterkaitan antara peran keimigrasian dan Ombudsman RI Kalbar dalam pelayanan publik.
Menjelang akhir kegiatan, Ombudsman RI Kalbar menyerahkan piagam apresiasi kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak sebagai bentuk penghargaan atas dukungan dan kolaborasi dalam kegiatan KMPMDP tahun 2025.
"Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Kantor Imigrasi dan jajaran yang telah meluangkan waktu serta memfasilitasi kegiatan ini. Semoga sinergi ini terus berlanjut demi peningkatan kualitas layanan publik di bidang keimigrasian," tutup Marini.
Di akhir kegiatan, mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat langsung aktivitas kerja di setiap seksi, hingga mengenal ruang pelayanan dan jenis layanan yang tersedia bagi masyarakat. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah nyata kolaborasi dari Ombudsman RI Kalbar dengan lembaga negara lainnya dalam mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.(DV-Kalbar)