• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jambi Soroti Pelayanan Pensiun
PERWAKILAN: JAMBI • Rabu, 24/09/2025 •
 
Ombudsman Jambi Tekankan Pentingnya Pelayanan Pensiunan yang Manusiawi dan Transparan -Dialog RRI Jambi Pagi Ini

JAMBI - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi menyoroti pentingnya jaminan layanan pensiun yang transparan, inklusif, dan mudah diakses oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) purnabakti. Hal ini disampaikan dalam siaran Dialog Jambi Pagi Ini di RRI Jambi pada Senin (22/09/2025).

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Menjamin Layanan Pensiun yang Layak dan Transparan", dan menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi serta PT Taspen (Persero) Cabang Jambi.

Dalam dialog tersebut, Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Jambi, Sopian Hadi, menegaskan bahwa pelayanan terhadap pensiunan harus memperhatikan kelompok rentan, terutama lansia dan masyarakat yang belum familiar dengan layanan digital.

"Aplikasi digital tentu memudahkan bagi ASN aktif, tetapi bagi pensiunan lanjut usia, dibutuhkan pendekatan khusus dan pendampingan. Kelompok rentan harus tetap menjadi prioritas dalam pelayanan," ujar Sopian.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan dari Taspen Jambi, Rizqi Zulafriandi, menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan inovasi berbasis digital sekaligus menjalankan edukasi dan sosialisasi secara langsung kepada peserta.

"Kami tidak memaksa peserta langsung adaptif terhadap teknologi. Edukasi bertahap dan pelayanan manual tetap kami siapkan, termasuk layanan jemput bola untuk lansia," jelas Rizqi.

Taspen juga menekankan pentingnya kewaspadaan peserta terhadap potensi penipuan. Ditegaskan bahwa pihak Taspen tidak pernah meminta data atau verifikasi melalui telepon atau pesan singkat, dan masyarakat diminta segera melapor jika menemukan indikasi penyalahgunaan.

Melalui dialog ini, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi kembali menegaskan komitmennya dalam mengawasi layanan publik, termasuk sektor pensiun. Ombudsman mendorong agar penyelenggara layanan terus adaptif terhadap kebutuhan peserta, khususnya dalam menjamin hak-hak pensiunan terpenuhi secara adil dan transparan. (ORI-Jambi)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...