Ombudsman Jambi Gelar Sosialisasi Penilaian Maladministrasi Pelayanan Publik
Jambi - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan sosialisasi program Penilaian Maladministrasi Pelayanan Publik Tahun 2025 kepada enam pemerintah daerah di Provinsi Jambi. Kegiatan ini digelar pada Jumat (10/10/2025) bertempat di Aston Hotel Jambi.
Adapun pemerintah daerah yang menjadi lokasi penilaian tahun ini meliputi Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Pemerintah Kabupaten Merangin, Pemerintah Kabupaten Bungo, dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Saiful Roswandi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian maladministrasi bukan sekadar kegiatan tahunan, tetapi merupakan bentuk pengawasan Ombudsman untuk memastikan penyelenggara layanan publik menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya.
"Meskipun tahun ini hanya enam pemerintah daerah yang dinilai, hasilnya akan menjadi cerminan kondisi pelayanan publik di Provinsi Jambi. Kami berharap seluruh pemda berkomitmen dan menerapkan standar pelayanan sesuai indikator penilaian yang telah ditetapkan," ujar Saiful.
Lebih lanjut, Saiful mengingatkan pentingnya menjaga citra pemerintah di mata masyarakat melalui pelayanan yang cepat, transparan, dan berkeadilan.
"Masih banyak masyarakat yang berpandangan negatif terhadap layanan pemerintah. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memperbaikinya melalui peningkatan mutu pelayanan publik," tambahnya.
Saiful juga menekankan harapannya agar kualitas pelayanan publik di Provinsi Jambi mampu bersaing dengan daerah lain di tingkat nasional.
"Jambi jangan sampai tertinggal. Melalui penilaian ini, kita dapat melihat posisi dan kualitas pelayanan daerah secara objektif. Mari kita jadikan momen ini sebagai dorongan untuk terus berbenah," tutupnya.
Kegiatan sosialisasi ini menjadi langkah awal Ombudsman Jambi dalam mendorong terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas, bebas maladministrasi, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. (RN/ORI-Jambi)








