• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jabar Pantau Penyelenggaraan UNBK Tingkat SMK
PERWAKILAN: JAWA BARAT • Rabu, 04/04/2018 •
 
Asisten Ombudsman RI Noer Adhe Purnama ketika mengecek ruangan yang digunakan untuk Tes UNBK SMK

SHARE

Bandung (4/4/2018), Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat melakukan pemantauan pada penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Bandung Raya. Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan dipatuhinya seluruh Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional (POS UN) 2018 sebagaimana telah ditetapkan oleh Kemendikbud RI. Pemantauan UNBK oleh Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat dilakukan sejak hari pertama dimulainya UNBK pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Ombudsman, Noer Adhe Purnama ketika melakukan pemantauan di beberapa SMK di Bandung.

Menurut Adhe,  secara keseluruhan proses UNBK berjalan dengan baik. Temuannya hanya pelanggaran yang sifatnya tidak terlalu serius misalnya adanya peserta ujian yang ke toilet tidak didampingi pengawas. "Pada beberapa SMK ujian berlangsung dengan baik, bahkan terdapat SMK yang pesertanya terdiri atas 20 - 25 siswa sesuai dengan ketentuan ideal dalam POS UN 2018. Namun tim masih menemukan terkait belum dipampangnya pemberitahuan larangan masuk selain panitia. Ada juga Pengawas yang memeganghandpone saat bertugas, namun tidak signifikan tetapi hal tersebut termasuk dalam pelanggaran", ungkapnya. Pengawasan oleh panitia terdiri dari Guru-guru yang prinsipnya silang dari SMK lain, sehingga pihak internal sekolah hanya bisa menyampaikan himbauan kepada pengawas dari Sekolah lain.

Pada penyelenggaraan UNBK tahun ini, temuan Ombudsman terhadap penyelenggaraan UNBK yang sifatnya administratif langsung disampaikan kepada panitia penyelenggara ujian untuk diperbaiki pada hari berikutnya. "Jadi temuan Ombudsman langsung disampaikan sebagai masukan kepada Panitia Penyelenggara secaraOn The Spot", tambah Adhe. Hal ini dimaksudkan agar pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman sifatnya lebih konkret dan terukur sehingga berdampak pada perbaikan pelayanan publik pada penyelenggaraan UNBK di hari-hari berikutnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...