Ombudsman Gorontalo Apresiasi Perbaikan Layanan di PDAM Muara Tirta
Gorontalo (ANTARA) - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi
Gorontalo mengapresiasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Muara Tirta
Kota Gorontalo yang telah menjalankan saran perbaikan setelah sebelumnya
ditemukan beberapa potensi maladministrasi dalam pelayanan aduan
pelanggan.
Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo Alim S
Niode, Kamis, menjelaskan bahwa sejak kehadiran lembaga negara pengawas
pelayanan publik tersebut dibuka di Provinsi Gorontalo pada 2013, PDAM
Kota Gorontalo merupakan salah satu instansi yang sering dikeluhkan
pelayanannya oleh masyarakat.
Sejak saat itu, kata dia, Ombudsman sering menyampaikan saran maupun
masukan untuk perbaikan pelayanan PDAM Kota Gorontalo, namun hingga
tahun 2021 tetap saja ada masyarakat yang menyampaikan keluhannya.
"Oleh karena itu, dengan dijalankannya saran perbaikan terkait kajian
cepat kami pada tahun ini, Ombudsman mengapresiasi upaya PDAM Muara
Tirta dalam memperbaiki pelayanannya," ucap Alim.
Meski demikian, Alim mengingatkan bahwa PDAM Muara Tirta harus tetap
berupaya untuk konsisten menjaga kualitas pelayanan dengan memperhatikan
peraturan yang berlaku. Selain itu, masyarakat pengguna layanan diminta
untuk tidak segan melaporkan jika masih ada yang tidak sesuai.
Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman Republik Indonesia
Perwakilan Provinsi Gorontalo Andika R Yahya menambahkan kajian cepat
yang dilakukan oleh pihaknya merupakan program rutin Ombudsman di
seluruh Indonesia.
Di tahun 2021, ada tiga kajian cepat yang menjadi fokus Ombudsman
Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo, salah satunya adalah
terkait pengelolaan pengaduan oleh PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo.
"Setelah serangkaian pemeriksaan kami lakukan, hasilnya kami menemukan
ada enam potensi maladministrasi dalam proses pengelolaan pengaduan PDAM
Muara Tirta Kota Gorontalo," ungkapnya.
Berdasarkan enam potensi maladministrasi tersebut, lanjut Andika,
pihaknya mengeluarkan tiga poin saran perbaikan kepada manajemen PDAM
Muara tirta, dan hal itu sudah dipenuhi.