• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Dukung Perjuangan Penyandang Disabilitas
PERWAKILAN: PAPUA BARAT • Senin, 07/09/2020 •
 
Suasana diskusi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Papua Barat bersama DPD PPUAD Papua Barat, Jumat (4/9/2020). Foto: PB NEWS/NANU BELANG

MANOKWARI, PB News - Ombudsman Republik Indonesia menyatakan komitmen untuk mendukung perjuangan para penyandang disabilitas di Papua Barat dalam mendapatkan hak-hak dasar serta pengakuan dari Negara.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Papua Barat Musa Yosep Sombuk mengatakan, Ombudsman adalah Lembaga Negara yang mengawasi pelayanan publik di Indonesia. Oleh karena itu kepada masyarakat yang merasa ada pelayanan yang tidak wajar dalam masyarakat harap segera melapor.

"Karena Negara berkewajiban melayani seluruh masyarakatnya," ujarnya saat menjamu Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUAD) Provinsi Papua Barat dalam acara coffee morning di kantor Ombudsman Manokwari, Jumat (4/9/2020).

Menurut Musa, penyandang disabilatas merupakan kelompok masyarakat yang sangat mengharapkan kehadiran Negara. Selama ini mereka tidak merasakan pelayanan Negara secara baik. Undangan kepada PPUAD tersebut merupakan tindaklanjut dari kunjungan PPUAD beberapa hari sebelumnya.

"Kami mengundang PPUAD untuk menyampaikan keluhan-keluhan mereka tentang pelayanan publik yang belum tersentuh oleh Negara," kata dia.

Musa menuturkan, hak-hak penyandang disabilitas yang disampaikan oleh PPUAD diantaranya PPUAD belum dilibatkan atau ikut berpartisipasi dalam setiap momentum pemilu. PPUAD juga belum memiliki sekretariat meski sudah berdiri selama tiga tahun di Provinsi Papua Barat.

"Ini yang menjadi perhatian serius kami. Pada prinsipnya kami tetap mendukung perjuangan mereka," ungkapnya.

Dirinya berharap agar ke depannya Ombudsman dapat membangun kerjasama dengan penyandang disabilitas di Papua Barat. Pihaknya juga ingin melibatkan para penyandang disabilitas untuk turut berpartisipasi dalam proses pengawasan pelayanan publik.

"Kami juga berencana untuk melibatkan mereka sebagai Sobat Ombudsman ke depan nanti," kata Musa.

Ketua DPD PPUAD Provinsi Papua Barat, Maria Roslinde Minis mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Papua Barat yang sudah bersedia mengundang PPUAD dalam acara coffee morning tersebut.

  "Kami menyampaikan terimakasih kepada Ombudsman yang telah mengundang kami untuk berdiskusi pada hari ini. Kami berharap agar kerjasama ini terus berlanjut," ungkapnya. (PB25)    


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...