Ombudsman DIY Kembali Hadir di Semanis Madu

Sleman - Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI perlu untuk senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat dan memastikan kemudahan akses pelayanannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Ombudsman RI DIY) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan Ombudsman On The Spot (OTS) di Pendopo Kelurahan Condongcatur Kab. Sleman pada Kamis (15/4/2025).
Kehadiran gerai Ombudsman On The Spot sebagai bagian dari Program Layanan Bersama bertajuk "Semanis Madu" (Selasa Melayani Semua, Mudah dan Terpadu). Program "Semanis Madu" merupakan inisiatif dari Kalurahan Condongcatur yang menghadirkan pelayanan publik terpadu setiap hari Selasa, dengan menggandeng berbagai instansi dan lembaga, termasuk Ombudsman DIY.
Dalam pelaksanaan OTS kali ini, berbagai keluhan, aspirasi, dan konsultasi terkait pelayanan publik disampaikan oleh masyarakat yang hadir. Beberapa isu yang disampaikan diantaranya terkait pengurusan SIM C. Warga menyampaikan bahwa proses pengurusan SIM C masih dirasa menyulitkan, baik dari segi prosedur maupun pelayanan yang diberikan.
Selain itu terdapat pula permasalahan seputar pelayanan di salah satu rumah sakit, yaitu adanya perbedaan perlakuan dalam pelayanan rumah sakit yang dirasakan tidak adil oleh sebagian pasien. Terakhir, keluhan terkait status kepesertaan BPJS Kesehatan Dimana warga masyarakat melaporkan status BPJS Kesehatan mereka yang tidak aktif, meskipun belum pernah mengajukan pengunduran diri atau perubahan data.
Melalui kegiatan OTS ini, Ombudsman DIY berharap dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk menyampaikan permasalahan mereka secara langsung, serta mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor. Antusiasme warga Kalurahan Condongcatur dalam mengikuti kegiatan ini menunjukkan tingginya kepedulian masyarakat terhadap layanan publik yang berkualitas.