• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Bengkulu Ingatkan Pentingnya Integritas dan Orientasi Pelayanan Publik
PERWAKILAN: BENGKULU • Jum'at, 27/09/2024 •
 
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu jadi narasumber dalam Post Assessment Polda Bengkulu Tahun 2024

Bengkulu - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu hadir dalam kegiatan Post Assessment Polda Bengkulu Tahun 2024 yang digelar pada Kamis (26/9/2024) di Wilo Hotel Bengkulu. Kehadiran Ombudsman Bengkulu dalam acara ini bertujuan untuk memberikan pandangan terkait pentingnya penerapan integritas dan orientasi pelayanan publik, khususnya dalam lingkungan Kepolisian.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemeriksa Ombudsman Bengkulu Dwi Ristiarni yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, menyampaikan bahwa integritas dan orientasi pada pelayanan publik merupakan dua aspek penting yang harus dimiliki oleh penyelenggara layanan, termasuk di lingkungan Polri. Menurutnya, profesionalitas Polri dapat diukur dari tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan, dan peningkatan kualitas SDM Polri harus diimbangi dengan integritas agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Peningkatan kompetensi dan kapabilitas SDM Polri telah terlihat secara signifikan, namun harus diiringi dengan integritas untuk mencapai standar pelayanan publik yang optimal," ungkap Dwi.

Selain itu, Dwi juga menekankan bahwa SDM yang unggul berperan penting dalam membentuk budaya organisasi yang kuat dan berkualitas. Ia menjelaskan bahwa peningkatan integritas para penyelenggara pelayanan publik sangat dibutuhkan agar organisasi mampu bekerja secara efektif dan memberikan dampak positif pada kualitas pelayanan publik secara keseluruhan. Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 34 UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, menerapkan perilaku sebagai penyelenggara layanan publik dan mematuhi standar yang telah ditetapkan.

Di kesempatan yang sama, Dwi mengingatkan pentingnya penerapan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam setiap interaksi pelayanan publik. Menurutnya, 3S adalah kunci dalam membangun kesan positif di mata masyarakat.

"Senyum, sapa, salam adalah elemen dasar yang harus diterapkan dalam setiap pelayanan karena ini akan menjadi kesan pertama yang dirasakan masyarakat," tambah Dwi.

Kegiatan Post Assessment Polda Bengkulu ini diharapkan dapat mengingatkan kembali pentingnya peran Polri sebagai institusi yang berintegritas dan berorientasi pada pelayanan publik. Dengan adanya peningkatan kualitas SDM di lingkungan Polri, diharapkan pula kualitas pelayanan publik di Indonesia akan terus meningkat.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...