Ombudsman Bengkulu Dorong Polres Lebong Tingkatkan Standar Pelayanan
Bengkulu - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu menjadi narasumber dalam Forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan oleh Polres Lebong pada Rabu (2/10/2024). Kehadiran Ombudsman Bengkulu di forum ini bertujuan untuk mengawasi standar pelayanan yang diberikan oleh Polres Lebong, mencakup aspek persyaratan, jangka waktu, tarif, serta pengelolaan pengaduan.
Dalam forum ini, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu menjalankan perannya sebagai penerima serta penindaklanjut laporan masyarakat, mencegah terjadinya maladministrasi, dan memastikan standar pelayanan yang diberikan Polres Lebong sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pejabat sementara (Pjs) Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bengkulu Jaka Andhika, menegaskan bahwa Ombudsman memiliki komitmen kuat untuk mendorong peningkatan kualitas layanan publik yang diberikan oleh Polres Lebong.
"Dalam hal ini, Ombudsman berupaya melakukan pencegahan maladministrasi serta mendorong Polres Lebong untuk melaksanakan dan memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan," ujar Jaka.
Selain itu, Ombudsman Bengkulu juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Polres Lebong untuk memberikan masukan yang konstruktif terkait standar pelayanan.
"Kami berupaya membangun jaringan kerja sama baik dengan Polres Lebong maupun pihak-pihak lain, untuk memberikan masukan yang relevan dalam meningkatkan standar pelayanan," tambahnya.
Forum Konsultasi Publik ini merupakan wujud dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang mewajibkan setiap instansi penyelenggara pelayanan publik menyusun standar pelayanan dengan melibatkan partisipasi masyarakat melalui saran dan masukan. Tujuan utama dari forum ini adalah untuk meningkatkan transparansi, memperbaiki kualitas kebijakan, serta membangun kepercayaan publik terhadap instansi layanan publik.
Diharapkan dengan adanya Forum Konsultasi Publik ini, Polres Lebong dapat menyusun dan meningkatkan standar pelayanan yang lebih baik, serta memberikan kualitas layanan yang semakin memuaskan bagi masyarakat.