• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Babel Terima Kunjungan KPK RI Bahas Survei Penilaian Integritas
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Kamis, 16/05/2024 •
 

Pangkalpinang - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy dan tim menerima kunjungan KPK RI yang diwakili Analis dan Pranata Tindak Pidana Korupsi untuk membahas hasil Survei Penilaian Integritas tahun 2023, bertempat di Kantor Perwakilan Ombudsman Babel, Kamis (16/05/2024).

Dalam sambutannya Analis Tindak Pidana Korupsi, Anjas Prasetyo menyampaikan apresiasi kepada Ombudsman Babel yang telah mengisi penilaian eksper Survei Penilaian Integritas. Ombudsman Babel sebagai salah satu sampel untuk mendapatkan kedalaman pengetahuan kinerja Ombudsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Terdapat dua aspek yang menjadi perhatian KPK dalam penilaian SPI tahun 2023 yaitu masih lemahnya komitmen pimpinan dan sosialisasi dalam upaya pengendalian gratifikasi pada tingkat pemerintah daerah.

Sementara itu, Yozar menambahkan bahwa dalam penilaian SPI Tahun 2023 terdapat beberapa indikator yang menjadi dasar penilaian dari Ombudsman, yaitu isu yang berkembang di media massa, laporan masyarakat yang diterima Ombudsman, hasil penilaian kepatuhan, dan lain-lainnya.

"Ombudsman Babel siap berpartisipasi dalam penilaian SPI Tahun 2024, tentu ada beberapa catatan penting untuk dilakukan oleh KPK RI dalam upaya mendorong pengendalian gratifikasi di tingkat pemerintah daerah," ujar Yozar.

Yozar juga menyinggung beberapa isu lain pelayanan publik yang mesti mendapatkan sorotan terhadap terbukanya peluang tindakan korupsi seperti layanan pertanahan dan pendidikan. Isu tersebut menjadi masalah laporan yang sering dilaporkan tiap tahunnya oleh masyarakat kepada Ombudsman Babel.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...