• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Babel Siap melakukan Pendampingan Survei Kepatuhan Tahun 2021 di Kabupaten Bangka
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Senin, 29/03/2021 •
 
Pertemuan Ombudsman dengan Bupati Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka

Bangka-Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy bertemu dengan Bupati Bangka, Mulkan, S.H., M.H terkait Survei Kepatuhan Instansi Penyelenggara Pelayanan Publik terhadap Standar Pelayanan Publik (29/03/2021).

Pada pertemuan yang dihadiri pula oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bangka dan sebagian Kepala Dinas terkait pada intinya membahas pentingnya Survei Kepatuhan yang diselenggarakan Ombudsman Republik Indonesia ini.

"Survei Kepatuhan dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindakan maladministrasi pada unit layanan publik Pemerintah dengan upaya pemenuhan komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik" Jelas Yozar

Selanjutnya Yozar juga menjelaskan wilayah mana saja yang menjadi sasaran penilaian Survei Kepatuhan 2021.

"Survei Kepatuhan 2021 akan menilai seluruh kota dan kabupaten di Bangka Belitung plus pemerintah provinsi, jadi totalnya ada 8 pemerintah daerah yang akan dinilai kualitas pelayanan publiknya." papar Yozar.

Pemerintah Kabupaten Bangka pernah menjadi pemerintah kabupaten yang dinilai kualitas pelayanan publiknya dalam Survei Kepatuhan tahun 2017.

"Pada tahun 2017 Kabupaten Bangka mendapatkan nilai tertinggi dari 107 Pemerintah Kabupaten se-Indonesia yang dilakukan survei kepatuhan dan mendapatkan predikat Zonasi Hijau untuk pelayanan publiknya."ungkap Yozar.

Ombudsman Republik Indonesia juga melakukan penilaian lainnya pada pemerintah daerah untuk tahun 2021 ini.

"Selain Survei Kepatuhan, tahun ini Ombudsman juga dipercayai oleh Bappenas untuk melakukan penilaian Program Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). PPD adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang menunjukkan prestasi dalam perencanaan, pelaksanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah. Pemerintah Daerah yang berhasil mendapatkan peringkat dalam program PPD ini akan mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia."Kata Yozar.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy juga mengajak seluruh Kepala Daerah untuk meningkatkan perbaikan pelayanan publik dan pembangunan daerah.

"Terkait Survei Kepatuhan, mudah-mudahan Kabupaten Bangka dapat mempertahankan prestasi ini, Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung siap mendampingi Kabupaten yang semangat mengejar prestasi dan selalu memiliki spirit untuk pembenahan pelayanan publik yang semakin baik dan berkualitas." Papas Yozar.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...