• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Nilai Kepatuhan Naik, Ombudsman Maluku: Pendampingan Sangat Berpengaruh
PERWAKILAN: MALUKU • Jum'at, 29/03/2024 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku, Hasan Slamat saat menyerahkan hasil kepatuhan kepada Kab.Kep.Aru

Ambon - Pendampingan sebelum dilakukannya Penilaian Kepatuhan Tahun 2023 nyatanya membawa dampak yang cukup siginifikan. Hal ini terjadi pada Kabupaten Kepulauan Aru. 

Dikutip saat kegiatan penyerahan hasil Penilaian Kepatuhan Tahun 2023 pada Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (26/02/2024), Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Maluku Hasan Slamat, ungkap bahwa pendampingan yang dilakukan membawa tiga OPD yakni Dinas Pendidikan, Puskesmas Dobo dan Puskesmas Siwalima berada pada Zona Hijau, sementara OPD lain berada di Zona Kuning.

Secara Keseluruhan, Kabupaten Kepulauan Aru memiliki nilai 75,56 dan naik pesat dari tahun 2022 yakni 49,75.

Hasan menyampaikan bahwa nyatanya pendampingan sebelum dilakukan penilaian kepatuhan membawa perubahan yang berarti dengan melalui workshop ataupun tinjau langsung ke OPD lokus penilaian.

"Pendampingan itu sangat berpengaruh, melalui workshop ataupun meninjau langsung OPD lokus penilaian kemudian kita berikan raport dimana raport tersebut berisi tentang hal-hal yang harus ditambah dan diperbaiki sesuai dengan regulasi pelayanan publik," ucapnya saat diwawancarai di ruangannya pada Kamis (28/03/2024).

Lanjutnya, peran Perwakilan Ombudsman Maluku dalam mengawasi dan memastikan terselenggaranya standar pelayanan publik serta memberikan bimbingan, dukungan, dan rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan publik inilah yang menjadikan dasar bahwa tidak ada salahnya melakukan pendampingan yang mendetail.

Harapnya,  Kabupaten Kepulauan Aru harus terus memperbaiki dan tetap melakukan pengawasan melalui pimpinan daerah dan juga inspektorat agar bisa membuat sistem pelayanan selalu prima.

"Semoga kedepanya  Kepulauan Aru yang sudah keluar dari Zona Merah ke Zona Kuning ini harus terus memperbaiki dan tetap semangat lagi untuk melakukan pengawasan agar bisa lebih instens terkait sistem pelayanan," tutupnya.

Perlu diketahui, penyerahan hasil Penilaian Kepatuhan 2023 Kabupaten Kepulauan Aru dilaksanakan di Kantor Perwakilan Ombudsma Maluku dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey didampingi oleh Kabag Organisasi Kabupaten Kepulauan Aru, Nelson Rusmanan serta Sekretaris Daerah (Sekda).

Berikut Hasil penilaian kepatuhan kepulauan Aru dalam penilaian kepatuhan 2024

1.       Dinas Sosial dengan nilai 61,50.

2.       Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 67,28.

3.       Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan nilai 68,19.

4.       Dinas Kesehatan dengan nilai 72,29.

5.       Puskesmas Dobo dengan nilai 83,67.

6.       Dinas Pendidikan dengan nilai 86,30.

7.       Puskesmas Siwalima dengan nilai 89,49.

 Nilai Akhir 75,56 berada pada Zona Kuning (C)

 

 





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...