• - +

Kabar Perwakilan

Milad Ke 21, Ombudsman Riau Gelar Diskusi Bareng Awak Media
PERWAKILAN: RIAU • Rabu, 10/03/2021 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman Riau melakukan sesi wawancara usai kegiatan (poto by Ombudsman Riau)

Riauterkini-PEKANBARU - Bersampena Milad ke 21 (2000-2021), Ombudsman RI Perwakilan Riau menggelar diskusi ringan bersama media, Rabu (10/3/21). Diskusi bersama media ini membahas berbagai isu mulai dari masalah maladministrasi, perijinan hingga barang praktek laboratorium yang sudah uzur di salah satu perguruan tinggi di Riau.

Hadir di diskusi Ombudsman bersama media ini, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri, Dosen Fisipol UR, Auradian Marta, sejumlah wartawan dari berbagai media massa di Riau serta jajaran Ombudsman Perwakilan Riau.

Auradian dalam sebuah wawancaranya bersama Riauterkini mengungkapkan bahwa perlu adanya pengembangan IT untuk pelayanan. Karena menurutnya, pengembangan IT sangat diperlukan bukan hanya di masa pandemi Covid 19 saja. Tetapi diperlukan untuk jangka panjang.

"Dari survey yang kami lakukan, jumlah laporan kasus maladministrasi ataupun mal pelayanan lainnya di kabupaten/kota di Riau relatif rendah. Di Pekanbaru saja hanya seratusan. Sementara di kabupaten/kota lainnya hanya berjumlah 1-2 digit saja. Padahal saya yakin, jumlah pelaporan di masyarakat yang tidak nampak sangat banyak," terangnya.

Bukan hanya karena pembatasan pelayanan karena masa pandemi, tambahnya, tetapi juga karena kantor perwakilan ombudsman di Riau hanya 1. Jadi pelaporan di daerah banyak yang tidak tersalurkan.

"Inilah perlunya pengembangan IT di ombudsman untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat terutama di daerah," terangnya.

Terkait hal itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri mengatakan bahwa Ombudsman Riau sudah menerapkan metode pelayanan dengan berbagai pintu. Dari pelaporan secara langsung, tertulis hingga menggunakan kanal WhatsApp dan Email.

"Kita sudah membuka jalur pelaporan dengan berbagai kanal. Dari pelaporan secara langsung oleh korban, laporan tertulis, laporan melalui kanal WhatsApp hingga email. Bahkan dalam penyelesaian pelaporan, kami sudah pernah melakukan mediasi melalui zoom meeting," katanya.

Acara diskusi ringan Ombudsman RI Perwakilan Riau bersama media diakhiri dengan pemotongan tumpeng Milad Ombudsman Perwakilan Riau ke 21 yang dilaksanakan langsung oleh Kepala Ombudsman Riau.*(H-we)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...