• - +

Kabar Perwakilan

Masalah Mutasi ASN Dilaporkan DPRD Tidore ke Ombudsman
PERWAKILAN: MALUKU UTARA • Rabu, 03/03/2021 •
 
Kantor Ombudsman Perwakilan Maluku Utara. (Foto: Rizal Syam/cermat)

DPRD Kota Tidore Kepulauan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, di Kota Ternate, Rabu (3/3). Kunjungan itu terkait soal mutasinya sejumlah ASN di Tidore.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi I DPRD Tidore, Ridwan M. Yamin, mengatakan ada beberapa aduan masyarakat terkait pergantian kepala daerah.

Salah satunya tentang mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Di mana, ada kelompok yang mengatas nama Forum Peduli ASN mempersoalkan mutasi usai pilkada.

"Itu kan artinya ada ketidakpuasan dari masyarakat," ucapnya.

Wacana tersebut diakui Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Utara, Sofyan Ali.

"Dalam beberapa bulan terakhir ini, isu mutasi ASN menjadi sorotan di media massa, baik cetak maupun media sosial," ujar Sofyan.

Ia bilang, soal mutasi memang ada aturan dari Badan Kepegawaian Nasional yang dilanggar. Itu pula yang membuat DPRD menggelar rapat dengar pendapat bersama dinas terkait untuk merekomendasikan Pemkot Tidore menangani hal itu.

"Ombudsman mendorong DPRD untuk terus mengawal rekomendasi tersebut, agar dapat ditindaklanjuti oleh Pemkot Tidore. Jadi harus ada umpan balik," kata Sofyan.

Menurut dia, Pemkot Tidore harus memberikan jawaban terkait rekomendasi tersebut.

"Termasuk apakah rekomendasi itu dilaksanakan atau tidak. Itu harus direspons. Karena ini berkaitan dengan institusi," tandas Sofyan.

______

Yunita Kadir


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...