• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Laporan Masyarakat Meningkat, Ombudsman Babel Minta Pelayanan Publik Serius Kelola Saluran Pengaduan
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Rabu, 14/07/2021 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Babel, Shulby Yozar Ariadhy

PANGKALPINANG - Berdasarkan hasil evaluasi kinerja Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung pada triwulan 2 Tahun 2021, terjadi peningkatan jumlah laporan masyarakat jika dibandingkan dengan periode Januari-Maret Tahun 2021.

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy, laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman Babel selama Mei sampai dengan Juni 2021 sebanyak 82 laporan yang 81 diantaranya telah masuk ke tahap pemeriksaan.

"Peningkatan jumlah laporan masyarakat ini tentunya mengindikasikan peningkatan akses masyarakat terhadap sarana pengaduan pelayanan publik yang tersedia di Ombudsman Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung. Hal tersebut sekaligus juga mendorong kami untuk lebih serius dalam memperbaiki kinerja pengawasan pelayanan publik di dalam wilayah kerja kami," ujar Yozar.

Selanjutnya, data pemeriksaan menunjukkan bahwa subtansi yang paling banyak dilaporkan adalah mengenai pertanahan/agraria disusul pendidikan dan kepolisian. Sementara itu, dugaan mal adminisrasi yang terbanyak yaitu penundaan berlarut sebanyak 65,4%, disusul tidak memberikan layanan 17,2% dan penyimpangan prosedur 6,2%.

"Kami berterima kasih kepada penyelenggara pelayanan publik yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dalam penyelesaian laporan pelayanan. Pada sisi lain, kami berharap pengelolaan pengaduan dapat menjadi atensi khusus oleh instansi penyelenggara layanan mengingat tuntutan masyarakat yang semakin meningkat terhadap kinerja pelayanan publik," tutup Yozar. (Rel)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...