Kunjungi Lapas Ambon, Ombudsman Maluku Pastikan Ada Perbaikan Pelayanan
Ambon - Dalam rangka pendampingan dan pengawasan terhadap pelayanan publik, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku Hasan Slamat melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon pada Rabu (31/07/2024) dan diterima langsung oleh Kepala Lapas Ambon, Mukhtar.
"Kami melihat bagaimana kondisi pelayanan publik di Lapas Ambon dan mengetahui sejauh mana perubahan dan praktik pelayanan oleh Lapas Ambon mengingat menjadi satu satunya perwakilan penilaian Wilayah Bebas Korupsi pada Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku," katanya.
Menurutnya, dalam kunjungan ini Perwakilan Ombudsman RI Maluku melihat Lapas Ambon sudah menunjukkan perbaikan pelayanan berbasis internal maupun eksternal namun tetap ada beberapa catatan yang memerlukan perbaikan kualitas seperti penyediaan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan tahanan maupun narapidana yang berkebutuhan khusus dengan menyediakan kursi roda, alat bantu jalan tongkat, ramp/bidang landai atapun guiding block.
"Untuk pelayanan berbasis eksternal yang paling diperhatikan adalah penyediaan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan tahanan maupun narapidana yang berkebutuhan khusus," ujarnya.
Dalam kunjungan itu pula, Perwakilan Ombudsman RI Maluku juga melakukan peninjauan pada fasilitas layanan Lapas Ambon baik kepada masyarakat maupun Warga Binaan diantaranya Dapur dan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
Diakhir kunjungannya, Hasan Slamat berpesan agar Lapas Ambon dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya dalam segala aspek pelayanan termasuk perbaikan atau pemulihan kembali situs website yang tidak berfungsi akibat di hacker.
"Website menjadi salah satu unsur penting dalam pemerintahan agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses informasi dan layanan serta berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi sehingga dalam hal ini, pemulihan website akibat hacker harus menjadi perhatian khusus dan diselesaikan dengan cepat dan tepat," tutupnya. (VR)