• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Koordinasi Pengawasan sebagai Bagian Penting dalam Upaya Pencegahan Korupsi
PERWAKILAN: PAPUA • Selasa, 23/11/2021 •
 
Kepala Ombudsman Perwakilan Papua saat menghadiri Rapat Koordinasi Program Pendampingan dan Pengawasan Daerah Papua (foto by mp)

Jayapura - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua Iwanggin Sabar Olif menghadiri Rapat Koordinasi Program Pendampingan dan Pengawasan Daerah Papua yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI sebagai upaya pencegahan korupsi di Papua, Selasa (23/11/2021) bertempat di ruang pertemuan BPKP Perwakilan Papua.

Rapat Koordinasi yang digelar selama 4 jam ini membahas peran dan fungsi masing-masing lembaga pengawas dalam upaya meminimalisir tindak pidana korupsi dengan mengoptimalkan peran pengawas di Provinsi Papua.

Dalam paparannya, Iwanggin menyampaikan pentingnya sinergitas lembaga pengawas dalam upaya mendorong perbaikan sistem melalui hasil pengawasan masing-masing lembaga. "Kami berharap melalui Rapat Koordinasi ini dapat menjadi ruang komunikasi pengawas dalam rangka upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua," ungkap Iwanggin.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI Ali Marwata memaparkan tentang Program Monitoring Centre for Prevention (MCP) sebagai bagian dari Program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (KORSUPGAH) yang meliputi delapan area intervensi yaitu perencanaan dan penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Dana Desa, Optimaliasi Pendapatan Daerah dan Manajemen Aset Daerah.

Turut hadir dalam rapat, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, Kepala BPKP Provinsi Papua, Inspektur Provinsi Papua dan seluruh Inspektur Kabupaten/Kota yang kemudian menjadi ruang komunikasi pengawasan oleh inspektorat dan APIP.

Di akhir diskusi, para pengawas sepakat bahwa koordinasi pengawasan merupakan bagian penting dalam upaya pencegahan korupsi. (*)


Melania Pasifika Kirihio

Asisten Muda Ombudsman RI Perwakilan Papua





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...