• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Kiprah Sembilan Tahun Ombudsman RI dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Papua Barat
PERWAKILAN: PAPUA BARAT • Sabtu, 27/08/2022 •
 
(Foto bersama seluruh Insan Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat dan Sobat Ombudsman. dokoripb)

Manokwari - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua Barat memperingati HUT yang ke-9, pada Sabtu (27/8/2022) di Kantor Perwakilan Ombudsman Papua Barat. Tepat sembilan tahun sudah Ombudsman Papua Barat sudah bekiprah dalam mengawal penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Papua Barat.

Dalam pelaksanaan peringatan hari ulang tahun, Ombudsman Papua Barat menyelenggarakan rangkaian kegiatan seperti senam pagi, tarian Wayase dan dilanjutkan dengan coffee morning bersama Sahabat Ombudsman Papua Barat serta ditutup dengan makan bersama.

Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat, Musa Sombuk menyampaikan beberapa hal penting terkait sembilan tahun kiprah Ombudsman Papua Barat dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Papua Barat.

"Kita semenjak berdiri dari tahun 2013, yang pada waktu itu hanya terdiri dari tiga asisten hingga sekarang sudah ada sembilan asisten ini sudah banyak perubahan yang dilihat, banyak orang menyampaikan kepada saya tentang kehadiran Ombudsman yang memberikan nilai positif agar mereka (penyelenggara pelayanan publik) bekerja sesuai dengan arahnya," tutur Musa.

Ditambah juga bahwa dengan beberapa program kerja Ombudsman RI, salah satunya roadshow dengan mengunjungi lembaga-lembaga vertikal memiliki makna selain menjalin koordinasi dan kerja sama dalam upaya pencegahan maladministrasi namun juga sebagai upaya memperkenalkan diri, bahwa Ombudsman adalah lembaga negara yang diberikan kewenangan oleh Undang-undang untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Selain itu, dalam hal laporan masyarakat kepada Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat yang dalam tahun ini ada banyak aduan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Ombudsman, ini merupakan satu kepercayaan masyarakat kepada Ombudsman untuk bisa menanggani dan menyelesaikan aduan mereka dan hal ini harus dipertahankan dan perlu ditingkatkan.

"Hal-hal positif ini harus kita tingkatkan, agar kedepannya Ombudsman RI lebih dikenal oleh masyarakat luas di seluruh Kabupaten/Kota di Papua Barat," tambah Musa.

Diakhir acara juga dilaksanakan peluncuran penulisan buku dalam rangka 10 tahun Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat dalam berkiprah mengawasi pelayanan publik di Papua Barat yang ditargetkan akan selesai dan diterbitkan pada perayaan ulang tahun ke-10 Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat pada tahun 2023 nanti.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...