Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel: Kerja keras PLN sudah cukup baik

Banjarmasin, kalselpos.com - Banjir yang merendam Banua "memukul" berbagai pihak, salah satunya PLN. Pemasok setrum plat merah itu harus ekstra dan sigap memasok listrik kepada masyarakat yang tempat tinggalnya terendam banjir.
Tentu ini bukan perkara mudah, salah bertindak bisa mengakibatkan fatal bagi masyarakat, terkena setrum misalnya.
"Di tengah bencana banjir yang melanda Kalimantan Selatan seperti saat ini tentu akan berdampak pada sektor pelayanan publik," ujar Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW Kalselteng Abdan Syakuro, usai bertemu Ketua Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Hadi Rahman, untuk menyampaikan informasi terkait pelayanan kelistrikan belum lama tadi.
Disampaikannya, meskipun saat ini Kalsel dilanda bencana banjir, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap pelayanan kelistrikan PLN. Terkait dengan adanya beberapa daerah yang padam listrik, itu diakibatkan beberapa gardu distribusi listrik masih terendam banjir atau kondisinya tidak aman karena debit air yang masih tinggi.
"Kami menyampaikan ke Ombudsman, dalam kondisi banjir seperti ini PLN tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan masyarakat, baik yang terdampak banjir maupun tidak. Terkait beberapa daerah yang masih padam listrik, hal itu disebabkan oleh gardu distribusi masih ada yang terendam banjir dan debit air yang masih tinggi, sehingga berbahaya untuk keamanan dan keselamatan masyarakat jika dipaksa untuk dinyalakan," ungkapnya.
Abdan menjelaskan, sebagai upaya untuk mempercepat penormalan sistem kelistrikan pasca banjir di Provinsi Kalsel, PLN sudah menerjunkan sebanyak 701 personel dan 146 unit armada tersebar di wilayah terdampak banjir.
"Hasilnya berdasarkan pantauan sistem kelistrikan sampai dengan tanggal 25 Januari 2021, PLN sudah berhasil menyalakan sebanyak 1.512 gardu distribusi listrik atau 93 persen dari total 1.629 gardu terdampak dan 104.688 pelanggan PLN terdampak banjir sudah kembali menikmati listrik," bebernya.
Secara terpisah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Hadi Rahman kepada kalselpos.com menyampaikan, kerja keras PLN sudah cukup baik dalam melayani masyarakat di tengah bencana banjir yang terjadi di Provinsi Kalsel. "Dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan warga, PLN terus berupaya memulihkan sistem kelistrikan yang terdampak banjir di Kalsel," ujarnya.
Hadi mengatakan, di saat bencana banjir luar biasa melanda Provinsi Kalsel, Ombudsman menilai apa yang sudah dilakukan oleh PLN dalam memberikan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat sudah cukup baik, PLN sangat cepat tanggap," tukasnya.








