• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Kematian Bayi di Lembata, Ombudsman NTT Minta Audit RS Damian
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA TIMUR • Senin, 24/06/2024 •
 
kematian seorang bayi pasca operasi ibu hamil

KUPANG - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT Darius Beda Daton menerima informasi dan keluhan dari warga Kabupaten Lembata perihal kematian seorang bayi pascaoperasi ibu hamil, Senin (24/6/2024).

Bayi dari Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape tersebut meninggal pascaoperasi setelah dirujuk dari Puskesmas Waipukang.

"Tentu saja kematian bayi dalam proses persalinan tidak dikehendaki keluarga, rumah sakit dan kita semua. Tetapi kondisi demikian bisa terjadi dalam proses persalinan. Untuk itu kami telah berkoordinasi ke Dinas Kesehatan Lembata agar segera cek kebenaran informasi dan keluhan tersebut. Bilamana benar, agar dilakukan audit internal maupun Audit Maternal Perinatal (AMP) guna menyikapi kasus kematian yang telah terjadi," tegas Darius.

AMP biasanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang merupakan analisis sistematis mutu pelayanan klinis yang meliputi prosedur diagnosis dan perawatan, penggunaan sumber daya, hasil yang muncul serta kualitas hidup ibu dan anak.

Dalam hal ini, AMP dapat dianggap sebagai suatu cara untuk meningkatkan proses-proses perawatan bagi semua wanita hamil dan bayi. Selain itu, AMP memberikan kesempatan untuk bisa mempelajari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dalam proses perawatan melalui identifikasi, analisis dan pengambilan langkah-langkah untuk mencegah agar tidak terjadi lagi.

Audit perinatal dapat dilakukan dengan audit eksternal oleh auditor eksternal independen guna mengetahui masalah manajemen perawatan yang menyangkut perawatan menyimpang dari batas-batas aman praktek yang telah ditentukan dalam panduan, standard, protokol-protokol atau praktek normal, dan yang memiliki potensi untuk menyebabkan hasil merugikan bagi pasien, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Sambil menunggu proses audit, pihak RS Damian kami minta untuk menjelaskan apa yang terjadi sebagai bentuk dukungan dan permohonan maaf kepada keluarga bayi," ujar Darius.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...