• - +

Kabar Perwakilan

Jelang Arus Mudik, Ombudsman Sultra Pantau Terminal dan Bandara
PERWAKILAN: SULAWESI TENGGARA • Rabu, 29/05/2019 •
 
Tim Ombudsman Sultra saat inspeksi di Bandara Haluoleo Kendari, Selasa, 28 Mei 2019.

SHARE

panjikendari.com - Dalam rangka memastikan kesiapan pelayanan arus mudik Idulfitri 1440 H/2019 M, Ombudsman Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa, 28 Mei 2019, melakukan pantauan di Terminal Puuwatu dan Bandar Udara (Bandara) Haluoleo Kendari.

Di Terminal Puuwatu, Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra Mastri Susilo bersama dua asisten Ombudsman Sultra Fahri dan Untung, mengecek fasilitas pendukung, seperti toilet, musalah, dan sarana lainnya.

Kasat Pelayanan Terminal Tipe A Puuwatu, La Radna, kepada Tim Ombudsman Sultra, menyampaikan, pihaknya baru lima hari mengurusi terminal tersebut, setelah bertahun-tahun ditinggalkan.

Setelah ditinggalkan dan tak diurus sejak 2015 lalu, Terminal Puuwatu yang masih menjadi aset Pemprov Sultra itu kini dikelola oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII, Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam empat hari terakhir ini, kata La Radna, pihaknya menertibkan terminal-terminal bayangan yang ada di luar Terminal Puuwatu. "Alhamdulillah, para sopir dan agen-agen mau masuk kembali di dalam terminal," tutur La Radna.

Menjelang arus mudik lebaran tahun ini, Terminal Puuwatu masih sepi. Tampak sejumlah angkutan kota dalam provinsi terparkir di area parkir terminal. "Untuk saat ini masih sepi, mungkin dekat-dekat lebaran," katanya.

Atas nama Ombudsman, Mastri Susilo sangat mendukung difungsikannya kembali Terminal Puuwatu. Selain supaya tidak terkesan mubazir karena tidak termanfaatkan, dengan dihidupkannya kembali terminal dapat menambah pendapatan sopir-sopir angkutan kota rute Puuwatu-Mandonga.

Secara umum, Mastri melihat, Terminal Puuwatu masih perlu dibenahi. Sarana prasarana perlu dilengkapi. Gedung-gedung tua dan sudah rusak harus dipikirkan oleh pemerintah, supaya masyarakat, baik penumpang maupun sopir dapat merasa nyaman.

Usai meninjau Terminal Puuwatu, Tim Ombudsman Sultra melanjutkan inspeksinya di Bandara Haluoleo Kendari. Disana mereka disambut hangat Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Haluoleo, Safruddin.

Kepada Tim Ombudsman Sultra, Safruddin menjelaskan, Bandara Haluoleo Kendari sudah siap menghadapi angkutan lebaran tahun 2019 ini dengan memastikan fasilitas operasional Bandara berfungsi dengan baik.

"Personel Bandara juga sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada penumpang dan maskapai penerbangan," kata Safruddin.

Selain itu, berkaitan dengan angkutan lebaran, pihak Bandara juga membentuk Posko Terpadu dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait.

"Posko tersebut akan mulai aktif tanggal 29 Mei sampai dengan 12 Juni 2019," terang Safruddin.

Dalam inspeksi tersebut, tim Ombudsman didampingi Kepala UPBU Haluoleo dan beberapa jajarannya mengecek satu per satu fasilitas umum yang ada di sana, mulai dari, ruang tunggu, toilet, musalah, hingga ruang ibu menyusui.

Termasuk ruang karantina pertanian, perikanan, dan karantina kesehatan. "Fasilitas pelayanannya sudah cukup bagus, sudah siap semua," kata Mastri. (jie)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...