• - +

Kabar Perwakilan

H-2 Lebaran Ombudsman Jabar Sidak Layanan Terminal Guntur Garut
PERWAKILAN: JAWA BARAT • Selasa, 04/06/2019 •
 
Foto: Ombudsman doc

SHARE

GARUT, (KAPOL).-Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat melakukan sidak menjelang H-2 lebaran di Terminal Guntur Garut (3/6/2019). Sidak dilakukan oleh Asisten Ombudsman Sartika Dewi didampingi oleh Asisten Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kadiskominfo, Dishub, dan Kepala Terminal Guntur Garut. Hal ini dilakukan untuk memastikan layanan publik tidak terhambat meskipun menjelang hari raya lebaran.

Menurut hasil pantauan telah ada 36 ribu pemudik yang telah tiba di Garut. Terdapat 3 armada bis utama yaitu Primajasa, Karunia Bakti dan MGI yang beroperasi di Terminal Garut. Kapasitas armada sejumlah 250 armada dengan operasional setiap harinya antara 180-200 keberangkatan penumpang.Untuk laju penumpang tahun ini meningkat sebanyak 12% dari tahun sebelumnya. 

Dari segi layanan, Menurut Sartika Dewi standar pelayanan masih belum semua terpenuhi mengingat terminal Guntur Garut masih dalam tahap revitalisasi yg direncanakan selesai tahun 2023.

Sartika menambahkan ada beberapa catatan yg masih harus dilengkapi
1. Sarana CCTV belum tersedia.
2. Lahan parkir yang masih belum terkelola dan terpusat sepenuhnya oleh Unit Terminal.
3. Petugas kebersihan Terminal baru terpenuhi 9 orang atau 50% dari total kebutuhan.
4. Ruang Tunggu, Loket dan Tarif telah tersedia tetapi belum sepenuhnya beroperasi.

Dalam sidak ini, Pemda Garut juga membuka Posko Pelayanan Terpadu Lebaran yang terdiri dri 21 instansi layanan dasar dan cepat tanggap.

Yaitu diantaranya layanan Kesehatan, Damkar, BPBD, Dishub, Satpol PP, PDAM, Disdukcapil, Dinsos, PUPR, Diskominfo, Disnakertrans, dinkes, dll. yang terpusat di Gedung Pendopo Garut.

Setiap Dinas membuat Piket kerja untuk memastikan layanan- layanan tersebut tetap berjalan selama libur lebaran.

Selain itu Dinas Kesehatan telah menyebar para petugasnya untuk Posko Kesehatann yang bertugas di 9 Titik Arus Mudik mulai dri Terminal Guntur, Malangbong, Limbangan, Leles, Kadungora dan Pusat perbelanjaan selama 24 jam dengan ketersediaan masing2 posko kesehatan 2 petugas per shift dan 1 ambulance yang terhubung langsung dengan Puskesmas terdekat.

Dalam sidak ini, Pemda Garut juga membuka Posko Pelayanan Terpadu Lebaran yang terdiri dri 21 instansi layanan dasar dan cepat tanggap.
Yaitu diantaranya layanan Kesehatan, Damkar, BPBD, Dishub, Satpol PP, PDAM, Disdukcapil, Dinsos, PUPR, Diskominfo, Disnakertrans, dinkes, dll. yang terpusat di Gedung Pendopo Garut.

Setiap Dinas membuat Piket kerja untuk memastikan layanan- layanan tersebut tetap berjalan selama libur lebaran.

Selain itu Dinas Kesehatan telah menyebar para petugasnya untuk Posko Kesehatann yang bertugas di 9 Titik Arus Mudik mulai dri Terminal Guntur, Malangbong, Limbangan, Leles, Kadungora dan Pusat perbelanjaan selama 24 jam dengan ketersediaan masing2 posko kesehatan 2 petugas per shift dan 1 ambulance yang terhubung langsung dengan Puskesmas terdekat.






Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...