• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Gelar Teras Pelayanan Publik, Warga Leihitu Antusias.
PERWAKILAN: MALUKU • Kamis, 27/02/2025 •
 
antusiasme warga dalam kegiatan Teras Pelayanan Publik, Kamis (27/02/2025)

LEIHITU - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku berkolaborasi dengan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Pemerintah Daerah Maluku Tengah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Puskesmas Hitu serta Pemerintah Negeri Hitumessing menyelenggarakan Teras Pelayanan Publik, Kamis (27/02/2025) bertempat di depan Kantor Pemerintah Negeri Hitumessing.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku, Hasan Slamat menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memaksimalkan pelayanan diberbagai sektor dengan mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Leihitu.

"Pelayanan yang kami maksud adalah terkait kepengurusan Adminduk, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis, pendaftaran BPJS kesehatan dan banyak lagi," jelasnya. 

Beberapa instansi pemerintah yang turut datang untuk memberikan pelayanan secara langsung ialah Kantor Cabang BPJS Kesehatan Ambon, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tengah, Dinas Sosial Kabupaten Maluku Tengah serta Puskesmas Hitu.

Masyarakat dapat mengakses program yang disediakan oleh setiap instansi pemerintah yang hadir tanpa dipungut biaya apapun dan hanya membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti KTP dan KK.

Hasan juga melanjutkan bahwa beberapa program yang dapat diakses masyarakat antara lain Konsultasi dan Pengaduan Masyarakat, Pelayanan Administrasi dan Informasi BPJS, DTKS dan Rekomendasi BPJS Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Poswindu dan Posyandu serta Pembuatan Administrasi Kependudukan.

Diakuinya, kurang lebih 500 orang datang dengan antusias hingga memenuhi pelataran Kantor Pemerintah Negeri Hitumessing untuk mengakses program-program pemerintah yang disediakan. 

Selain itu, lebih dari 50 orang melakukan perekaman kartu identitas resmi dan mendapatkan KTP yang diserahkan secara langsung oleh Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil.

"Masyarakat khususnya di 4 desa yakni Desa Hitumessing, Hitu Lama, Mamala dan Morella datang dengan antusias, hampir 500 orang memenuhi pelataran kantor," ungkapnya. 

Salah satu pengguna layanan, Fira yang berdomisili di Leihitu mengaku sudah menantikan moment ini dan merasa terbantu.

"Dengan kegiatan hari ini, saya sendiri sangat terbantu terutama dalam hal pengurusan administrasi di Disdukcapil yang langsung jadi hari ini," ungkap Fira.

Senada dengan Fira, Fatimawa salah satu pengguna layanan yang berasal dari Negeri Hitu Lama juga sangat terbantu dalam pengurusan Akta Kematian, Akta Kelahiran dan KTP sekaligus karena tidak harus menyebrang ke Masohi, ibukota Kabupaten Maluku Tengah.

"Kalau disini, kita tidak perlu keluar biaya besar untuk menyebrang ke Kantor Disdukcapil Masohi, jadi saya pribadi sangat terbantu dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan sesering mungkin," ujarnya. 

Hasan berharap melalui kegiatan kolaborasi ini, masyarakat khususnya di seluruh Kecamatan Leihitu yang hadir dapat terbantu dalam pengurusan diberbagai aspek terkait Kesehatan, Bantuan Pemerintah dan Adminduk serta menekan biaya perjalanan untuk menyebrang ke Ibukota Kabupaten Maluku Tengah, Masohi.

"Semoga masyarakat terbantu dalam kegiatan Teras Pelayanan Publik dan kami berharap juga nantinya kegiatan seperti ini diadakan di kecamatan lainnya," harapnya. 

Lanjutnya, ia juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang membantu menginisiasi kegiatan Teras Pelayanan Publik yakni Kantor Cabang BPJS Kesehatan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Pemerintah Daerah Maluku Tengah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Puskesmas Hitu serta Pemerintah Negeri Hitumessing. 

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kantor Cabang BPJS Kesehatan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Pemerintah Daerah Maluku Tengah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Puskesmas Hitu serta Pemerintan Negeri Hitumessing yang ikut menginisiasi kegiatan ini," ucapnya. 

"Semoga kolaborasi ini dapat berlanjut dan menjadi agenda tetap demi memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan nyaman bagi masyarakat," imbuhnya. (VR)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...