• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Dorong Transparansi, ORI Paparkan Kinerja Dan Gelar Dialog
PERWAKILAN: SULAWESI BARAT • Jum'at, 19/01/2018 •
 

Dalam rangka mendorong transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pengaduan dan penyelesaian laporan masyarakat, Ombudsman (ORI) Perwakilan Sulawesi Barat paparkan kinerja tahun 2017 yang dirangkaikan dialog awal tahun dengan tema "Menuju Sulawesi Barat Bebas Maladministrasi", (17/01/18).

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Aminuddin Ilmar, SH., MH. hadir sebagai pembicara yang mengupas tentang penguatan peran dan fungsi Ombudsman sebagai garda terdepan pencegahan Maladministrasi yang menjadi titik awal terjadinya tindak pidana korupsi.

Prof. Aminuddin Ilmar berharap Ombudsman lebih mengedepankan pencegahan daripada melakukan penindakan serta menguatkan sinergi dengan semua pihak dalam melakukan perbaikan sistem penyelenggaraan pelayanan publik.

"Tujuan utama Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik, mendorong standar pelayanan minimal, transparansi biaya dan jangka waktu penyelesaian serta tersedianya pejabat pengaduan publik di setiap unit penyelenggara pelayanan public dalam rangka pencegahan tindakan Maladministrasi dan Diskriminasi Pelayanan public," tutur Prof. Aminuddin.

Kepala Perwakilan Ombuidsman Sulbar, Lukman Umar memaparkan jumlah pengaduan masyarakat tahun 2017 sebanyak 234 laporan dan mampu diselesaikan sebanyak 181, secara umum kendala yang dialami oleh Ombudsman RI sulbar adalah jumlah SDM yang terbatas dan letak geografis Sulawesi Barat yang cukup berat termasuk kondisi anggaran penyelesaian laporan yang harus mendapat perhatian di tahun berikutnya.

"Melalui forum ini saya berharap dapat memberi pemahaman tentang kedudukan, fungsi dan kewenangan ombudsman sehingga kedepan tidak ada lagi salah kapra terhadap tupoksi Ombudsman, melaui kesempatan ini juga kami paparkan kinerja Ombudsman RI Sulbar selama tahun 2017 agar publik mengetahuinya," kata Lukman Umar.

Turut hadir Wakapolda bersama Karo SDM Polda Sulbar, Wakil Gubernur Sulbar, para Ketua DPRD se-sulbar, perwakilan Bupati se-sulbar dan Sekretaris Daerah dari 6 Kabupaten lingkup Pemprov Sulbar serta Bawaslu Sulbar dan Panwaslu Mamuju. ||red (Humas ORISulbar).

Sumber: http://www.skornews.com/skor-dorong-transparansi-ori-paparkan-kinerja-dan-gelar-dialog.html#.Wl8uTAf6j8Y.facebook


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...