Dorong Pelayanan Publik Berkualitas, Ombudsman Kalbar Buka Gerai On The Spot di Kantor BPJS Kesehatan Kota Pontianak
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Kalbar, Muhammad Rhida mengatakan bahwa tujuan dari pembukaan gerai ini adalah untuk mendekatkan pelayanan publik dan mengedukasi masyarakat tentang tugas, fungsi, serta kewenangan Ombudsman terkait penyelenggaraan pelayanan publik.
Kegiatan ini dilakukan di BPJS kesehatan kota Pontianak karena lokasinya yang ramai dikunjungi masyarakat. Selain menerima pengaduan dan konsultasi tentang pelayanan publik, Ombudsman On The Spot juga memiliki peranan penting dan efektif untuk menginformasikan keberadaan Ombudsman Perwakilan Kalbar.
Menurut Rhida, program tersebut sebagai bentuk implementasi tugas Ombudsman yaitu menerima laporan dari masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik dan menerima konsultasi masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi dalam mengakses pelayanan publik. Dengan demikian, Ombudsman On The Spot diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan publik dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di Kalimantan Barat.
"Gerai Ombudsman On The Spot ini akan membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengadukan permasalahan terkait dengan pelayanan publik. Kami akan berada di tempat yang strategis yaitu di kantor BPJS Kesehatan Kota Pontianak selama dua hari, yaitu pada tanggal 10-11 Mei 2023," ujar Rhida.
Rhida menegaskan bahwa kehadiran gerai Ombudsman On The Spot di Kantor BPJS Kesehatan Kota Pontianak, merupakan salah satu upaya untuk memperluas jangkauan layanan Ombudsman kepada masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa kehadiran gerai ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menangani keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan publik.
Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengadukan permasalahan yang terkait dengan pelayanan publik dan mendapatkan solusi yang cepat dan tepat dari tim Ombudsman RI Perwakilan Kalbar.
"Kami berharap gerai Ombudsman On The Spot ini dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kami juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam menyampaikan keluhan dan memberikan masukan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Pontianak dan sekitarnya," ucap Rhida.
Dalam kegiatan tersebut, terdapat sebanyak 56 pengaduan berupa konsultasi yang diterima oleh tim Ombudsman Kalbar dengan subtasnsi pengaduan terbanyak mengenai BPJS, pertanahan, dan asuransi.