• - +

Kabar Perwakilan

Di Padang, Ketua Ombudsman RI Singgung Soal Sampah di Pinggir Pantai
PERWAKILAN: RIAU • Rabu, 16/10/2019 •
 

SHARE

Padang, Gatra.com - Dalam kunjungannya ke Padang, Sumatera Barat, Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai sempat menyinggung banyak sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai Kota Bengkuang tersebut. 

"Sampah-sampah di belakang hotel Mercure itu parah, mulai dari bibir pantai sampai ke jalan layang yang tengah dibangun. Menurut saya ini sangat disayangkan, Sumatera Barat itu cantik," kata Amzulian Rifai usai penandatanganan nota pilihan pemahaman atau MoU dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, Kabupaten Tanah Datar, dan Universitas Begeri Padang, Padang, Senin (14/10). 

Dia menyebutkan, ada beberapa hal yang harus dilihat. Selain jumlah pekerja atau tukang sapu yang terbatas dan kurang cekatan, masyarakat tidak perlu membuang sampah sembarangan juga perlu menjadi sorotan.

"Saya melihat tukang sapunya tidak terlalu banyak. Selain itu mereka juga kurang cekatan. Mereka menyapu dan mengumpulkan sampah hingga 50 meter, lalu dipindahkan ke tempat sampah. Sebaliknya, ada juga yang menyapu dan memindahkannya ke pantai. Dalam hal ini tentu saja harus ada peran dari masyarakat, kesadaran masyarakat juga tidak begitu terlihat, "ucapnya lagi.

Dia juga meminta maaf kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit telah menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya. Menurutnya, Sumbar sebagai salah satu daerah wisata, harus bersih dari sampah.

Tidak hanya berbicara tentang sampah, Ketua Ombudsman RI juga ikut prihatian atas apa yang menimpa warga Sumbar di Wamena. "Saya juga melihat di media bahwa pak wakil gubernur datang langsung langsung ke wamena," katanya. 


Reporter: Nella Marni
Editor: Annisa Setya Hutami


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...