• - +

Kabar Perwakilan

Dari Workshop Ombudsman, Pj Sekda Ingin Fokus Tingkatkan Pelayanan Publik di Gowa
PERWAKILAN: SULAWESI SELATAN • Selasa, 13/04/2021 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman Sulsel saat memberikan sambutan pada acara workshop (Rewako.id)

GOWA,REWAKO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Kamsinah mengikuti Workshop Implementasi dan Optimalisasi Peran Pejabat Penghubung (Focal Point) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Percepatan Penyelesaian Laporan Masyarakat di Provinsi Sulsel.

Tampak sejumlah kepala daerah maupun perwakilannya juga seluruh kepala inspektorat se Sulawesi Selatan hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, Bapak M Subhan Djoer dalam sambutannya mengatakan, Workshop ini merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan Ombudsman sejak tahun 2019.

Sesuai amanat Undang-undang nomor 37 tahun 2008 tentang Ombudsman. Ombudsman memiliki kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan Undang-undang yang dilaksanakan oleh penyelenggara negara sebagai upaya untuk mencegah adanya tindakan Mal Administrasi.

"Selain itu untuk terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik atau good government, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, di Pasal 36 dan 37 Undang-undang 25 tahun pelayanan publik diwajibkan para penyelenggara pelayanan publik untuk menyediakan sarana pengaduan, dan menugaskan pelaksana yang kompeten di bidangnya," jelas Subhan.

Subhan menjelaskan, jika tujuan dari Workshop ini sebagai upaya mengoptimalkan peran inspektur daerah sebagai pengawas internal pemerintahan dan pejabat penghubung antara Ombudsman RI dengan pemerintah Daerah.

Selain itu, mengefektifkan koordinasi pencegahan Mal Administrasi. Kemudian mengefektifkan koordinasi pengawasan tindakan proyektif, rekomendasi Ombudsman RI kepada Pemerintah Daerah.

"Alhamdulillah hari ini hampir seluruhnya hadir, dan kegiatan ini semakin mempertegas kerjasama dan kemitraan Ombudsman RI dengan Pemerintah daerah dengan Inspektur masing-masing dalam rangka menyelesaikan laporan masyarakat dan terus meningkatkan kesejahteraan publik," tutur Subhan.

Sementara itu, Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsinah usai menghadiri Workshop mengatakan, dengan adanya Workshop ini menjadi sinergitas antara Ombudsman Sulsel dengan Inspektur se Sulawesi selatan agar apa yang menjadi pelaporan masyarakat itu tetap terselesaikan dengan adanya kerja sama yang baik antara perwakilan ombudsman RI dan  Gowa khususnya.

Di samping itu, terkait pelayanan publik di Kabupaten Gowa sendiri kata Kamsinah sudah cukup baik. Begitupun koordinasi antara Ombudsman dan Pemerintah Daerah Gowa pun berjalan dengan lancar.

"Untuk pelayanan Publik di Kabupaten Gowa, selama ini berjalan dengan baik dan menjadi koordinasi dari pihak ombudsman dan berjalan dengan lancar," ujar Kamsinah.

Dengan workshop ini, Kamsinah berharap akan memfokuskan peningkatan setiap pelayanan publik di Gowa, sebagai upaya menindaklanjuti hasil workshop tersebut.

"Harapan kami mudah-mudahan kedepannya akan fokus pada setiap pelayanan publik di Gowa, bagaimana menyempurnakan kembali pelayanan yang dinilai masih belum maksimal akan kami maksimalkan lagi, guna menindaklanjuti hasil workshop ini di lapangan,"pungkasnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...