• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Cek Bandara, ORI Bali Pastikan Thermal Scanner Berfungsi dengan Baik
PERWAKILAN: BALI • Minggu, 02/02/2020 •
 
Kepala ORI Bali Umar Ibnu Alkhatab mengecek thermal scanner di Bandara Ngurah Rai (Istimewa)

DENPASAR - Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkatab mendatangi Bandara Ngurah Rai untuk melihat alat pendeteksi (thermal scanner) masuknya virus corona ke Bali, Minggu (2/2).

Berdasar hasil pengecekan, ORI Perwakilan Bali memastikan secara teknis thermal scanner di Bandara Ngurah Rai sangat memadai untuk mengecek siapa saja yang baru tiba di terminal kedatangan internasional, alatnya memadai, demikian juga sumber daya manusia yang bertugas.

"Kita berharap tidak ada terduga pengidap virus corona yang lolos dari pendeteksian alat thermo scanner ini," ujar Umar Ibnu Alkhatab saat dikonfirmasi Minggu sore. 

Menurutnya, sebagai unit pencegahan, thermo scanner bisa dijadikan sebagai alat untuk mencegah masuknya virus corona ini. 

"Tetapi tentu pihak pemerintah memiliki sejumlah cara untuk mencegah masuknya virus ini," sebutnya lagi. 

Sampai saat ini, Bali belum ada yang terkena virus corona. Pemeriksaan ketat pun dilakukan oleh petugas bandara. 

"Kami telah memiliki SOP untuk mereka yang terkena virus corona. Termasuk penanganan sampai ke RSUP Sanglah," ujar Kabid Pengendalian Karantina dan Surveilance Epidomologi KKP Bandara Ngurah Rai Bali I Wayan Subrata.

Misalkan ada penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat celcius akan langsung dilakukan penanganan.

Sampai saat ini Bali masih aman. Tidak ada satupun yang suspect terkena corona. Ia kecewa ada saja yang beredarkan berita hoax. 

"Tolong diluruskan lagi, saat ini belum ada yang terkena virus corona di Bali. Apalagi suspect. Terima kasih sudah konfirmasi ke saya," tutupnya. 

(rb/ara/mus/JPR)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...