• - +

Kabar Perwakilan

Cai Changpan Kabur, Ombudsman: Jangan Hanya Bisa Menyalahkan
PERWAKILAN: BANTEN • Jum'at, 25/09/2020 •
 

SHARE

Serang, IDN Times - Kepala Ombudsman Banten Dedy Irsan meminta kasus kaburnya narapidana kasus narkoba, Cai Changpan alias Cai Ji Fan tidak terulang lagi. Dia pun meminta agar tak ada pihak yang menyalahkan pihak lain dalam kejadian ini.

"Lapas harus melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait sistem keamanan pada lapas tersebut, baik dari sisi sarana dan prasarana serta bangunan (gedung) yang digunakan sebagai tempat hunian bagi warga binaan pemasyarakatan tersebut selama ini," kata Dedy dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Kamis malam (24/9/2020).

Cai Changpan diduga melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang Banten dengan menggali lubang dari sel hingga ke luar tembok penjara.

1. Lapas Kelas I Tangerang belum sesuai standar keputusan menteri

Dedy menerangkan lapas ini dibangun tahun 1982 dan memang belum sesuai standar dalam aturan yang termuat di Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Nomor:M.01.PL. 01.01-2003 tentang Pola Bangunan Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Salah satu pola bangunan yang diatur dalam keputusan menteri itu adalah lantai hunian harusnya dicor beton.

"Secara rutin harus dilakukan monitoring dan evaluasi agar keamanan lembaga pemasyarakatan tetap terjaga dengan baik sehingga bisa dipastikan lapas betul-betul aman dan tidak ada potensi warga binaan pemasyarakatan untuk melarikan diri," kata Dedy.

2. Cai Changpan kabur, Dedy: jangan cuma bisa saling menyalahkan

Dedy meminta agar seluruh pihak terkait tidak hanya bisa menyalahkan atas kejadian ini, tetapi harus juga ikut membantu memikirkan solusinya, harus melihat persoalan ini secara menyeluruh, proporsional, profesional dan adil.

"Jangan gara gara kejadian ini seolah olah kita menganggap bahwa Lapas Kelas I Tangerang bobrok, padahal selama ini Lapas Kelas I Tangerang itu sudah cukup baik pelayanannya, kunjungan Ombudsman Banten ke Lapas Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu melihat kondisi pelayanan publik yang ada sudah cukup baik," kata dia.

3. Wakil Ketua Komisi III DPR RI sebut kaburnya Cai Changpan janggal

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa mendesak kepolisian mengusut kasus kaburnya narapidana bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Dia merupakan bandar narkoba asal Tiongkok tahanan Lapas Kelas I Tangerang.

Desmond menilai, kaburnya Cai Changpan itu janggal. "Pertama gak mungkin, kalau orang gali tanahnya nggak ada. Gak mungkin orang mecahkan keramik, keramiknya nggak ditemukan," kata Desmond, Rabu (23/9/2020).





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...