Bangun Sinergitas Pelayanan Publik, Ombudsman Kalsel Kunjungi Kanwil Kemenag Kalsel

Banjarmasin - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Jumat (13/1/2022). Kunjungan yang diterima langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin beserta seluruh jajaran Kepala Bidang dan Kepala Seksi di lingkungan Kanwil Kemenag Kalsel ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi sekaligus koordinasi kelembagaan membahas isu-isu strategis pelayanan publik, khususnya yang berkaitan dengan layanan di Kementerian Agama.
Dalam kesempatan ini, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel Hadi Rahman menyampaikan dua poin penting kepada Kanwil Kemenag Kalsel. Pertama mengenai isu pendidikan. Menurutnya, selain mengemban misi keagamaan, Kanwil Kemenag juga mengemban misi pendidikan yang memiliki peran penting. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sekolah-sekolah yang ada di bawah binaan Kemenag, seperti Madrasah Ibtidayah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan sekolah swasta yang berada di bawah naungan Kemenag.
Sepanjang Tahun 2022, Ombudsman RI Kalsel telah menindaklanjuti 257 aduan masyarakat, dari 257 aduan, ada enam aduan masyarakat yang substansi laporannya berhubungan dengan Kemenag Kalsel. Salah satunya mengenai kondisi bangunan sekolah yang sudah kurang baik, dan adanya dugaan sumbangan bersifat pungutan yang terjadi di sekolah.
Selanjutnya, Hadi Rahman juga mendorong adanya upaya perbaikan dari sistem pengelolaan kepegawaian khususnya di titik-titik layanan langsung kepada masyarakat. Seperti di KUA, agar pelayanan yang diberikan semakin berkualitas, baik dari segi sumber daya manusia maupun dari segi sarana dan prasarana. Oleh karena itu Hadi Rahman berharap, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel beserta jajaran dapat melakukan upaya-upaya perbaikan baik dari sisi pelayanan keagamaan maupun dari segi pelayanan pendidikan.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel menyampaikan komitmen dan upaya-upaya perbaikan yang telah direncakan di lingkungan Kemenag Kalsel. Diantaranya, rencana membangun Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang sesuai dengan standar, tidak ada lagi masyarakat yang berurusan ke bidang-bidang, namun cukup sampai meja pelayanan saja. Hingga saat ini, sudah dilakukan pengosongan kantor di lantai bawah, semua sudah di pindah ke lantai atas, agar layanan PTSP di lantai dasar bisa lebih leluasa. Diagendakan proyek ini akan rampung sekitar pertengahan tahun 2023.
Selain itu, untuk memanfaatkan aset yang ada, Kemenag Kalsel juga berkomitmen untuk memindah layanan keagamaan ke Kantor Kemenag Kalsel yang ada di KM 5. Dalam kesempatan ini Kepala Kemenag Kalsel juga mengundang secara langsung Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel agar hadir untuk memantau langsung kondisi layanan di Kantor Kemenag Kalsel, apabila semua proyek perubahan ini telah rampung dikerjakan. Kemenag Kalsel juga berharap adanya sinergi yang kuat bersama dengan Ombudsman RI Kalsel selaku lembaga pengawas pelayanan publik, agar senantiasa dapat memberikan masukan-masukan perbaikan, demi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kantor Kemenag Kalsel.